16 Besar Piala Dunia 2022: Prancis vs Polandia, Inggris vs Senegal

Desy Setyowati
4 Desember 2022, 07:11
Piala Dunia 2022, piala dunia, prancis vs polandia
Kemlu
Piala Dunia 2022

Prancis memenangkan duel ketiga dalam babak 16 besar Piala Dunia 2022 daan akan melawan tim dari Polandia. Sedangkan Inggris bakal bertanding dengan Senegal.

Prancis lolos ke 16 besar setelah menjuarai Grup D. Negara Segi Enam ini sempat kalah 0-1 dari Tunisia dalam laga terakhir fase grup.

Sedangkan Polandia lolos ke babak 16 besar untuk pertama kalinya dalam kurun 36 tahun tahun terakhir, sekalipun dikalahkan Argentina 0-2 dalam pertandingan terakhir Grup C.

Polandia pernah menaklukkan Prancis dalam perebutan tempat ketiga Piala Dunia 1982.

Pelatih Polandia Czeslaw Michniewicz menepis kritik bahwa timnya bermain terlalu defensif. Ia mengatakan pendekatan ini malah membawa mereka ke babak 16 besar.

"Kami tidak takut kepada Prancis. Kami menghormati mereka, tapi kami tidak peduli dengan pendapat orang mengenai tim kami," kata Michniewicz dikutip Reuters, Minggu (4/12).

"Sepak bola adalah tentang memenangkan trofi dan menjadi sukses, terutama dalam Piala Dunia. Anda tak bisa membiarkan lawan mencetak gol dengan mudah. Kami bertahan dengan baik dan sebagai imbalannya kami akan melawan Prancis," tambah dia.

Michniewicz yakin Polandia bakal menjadi ‘juara dunia berikutnya’, jika bisa mengalahkan Prancis. Dia mengaku sudah menganalisis bagaimana Tunisia mengalahkan Prancis, serta cara Prancis mengatasi tim Australia dan Denmark.

Namun ia belum menemukan titik lemah Prancis.

Sedangkan Prancis menaruh perhatian lebih kepada satu pemain Polandia, yakni Robert Lewandowski. Meski begitu, Polandia juga memiliki kiper Wojciech Szczesny yang dua kali mementahkan penalti.

Sepanjang kariernya, Szczesny menggagalkan 26 dari 87 penalti. "Mereka bertahan dengan sangat baik. Tetapi mereka bukan hanya tim yang bertahan, lihat saja siapa yang mereka miliki di depan," kata pelatih Prancis Didier Deschamps.

“Mereka memiliki tulang punggung lain dengan pengalaman internasional yang hebat pada diri Kamil Glik, Piotr Zieliński, Grzegorz Krychowiak dan beberapa pemain muda yang menunjukkan bahwa mereka mampu menunaikan tugasnya," ujar Deschamps.

Advertisement

Prancis akan berfokus mematikan Lewandowski, dan secepat mungkin mencetak gol. Selain itu, selama mungkin menjaga keunggulan karena taruhannya mahal jika laga dilanjutkan dengan adu penalti.

Prediksi Pemain Prancis dan Polandia

Ini pertemuan kedua negara dalam ajang Piala Dunia setelah pertandingan perebutan tempat ketiga Piala Dunia 1982 yang dimenangkan oleh Polandia.

Pada dua pertemuan terakhirnya dalam kualifikasi Euro 1996 kedua negara berakhir seri.

Prancis menjadi juara bertahan Piala Dunia pertama yang mencapai babak knockout sejak Brasil pada Piala Dunia 2006.

Prancis tidak terkalahkan dalam tujuh pertemuan terakhir dengan Polandia dalam semua kompetisi. Kekalahan terakhir Prancis dari Polandia yakni dalam pertandingan persahabatan pada 1982 (0-4).

Polandia lolos dari fase grup Piala Dunia untuk pertama kalinya sejak 1986 ketika kalah 0-4 dari Brasil pada babak 16 besar.

Wojciech Szczesny menjadi penjaga gawang ketiga yang menepis dua tendangan penalti Piala Dunia setelah kiper Amerika Serikat Brad Friedel pada Piala Dunia 2002 dan kiper Polandia Jan Tomaszewski pada Piala Dunia 1974).

Ketika kalah 0-2 dari Argentina pada pertandingan kedua, Polandia kebobolan untuk pertama kalinya dalam Piala Dunia 2022.

Sedangkan perkiraan pemain Prancis dan Polandia dalam pertandingan berikutnya yakni:

Prancis (4-2-3-1): Hugo Lloris; Jules Kounde, Raphael Varane, Dayot Upamecano, Theo Hernandez; Aurelien Tchouameni, Adrien Rabiot; Ousmane Dembele, Antoine Griezmann, Kylian Mbappe; Olivier Giroud

Polandia (4-4-2): Wojciech Szczesny; Matty Cash, Kamil Glik, Jakub Kiwior, Bartosz Bereszynski; Przemysław Frankowski, Krystian Bielik, Grzegorz Krychowiak, Piotr Zielinski; Robert Lewandowski, Arkadiusz Milik

Inggris vs Senegal

Setelah kebobolan sekali dalam tiga pertandingan sebelumnya, Senegal bakal menjadi sasaran empuk lini depan Inggris. Inggris merupakan salah satu dari dua tim terproduktif mencetak gol selama Piala Dunia 2022.

Ketidakhadiran pemain-pemain utama, termasuk Sadio Mane, dinilai membuat tim Senegal kesulitan melawan Three Lions.

Sebab pelatih tim sepak bola Inggris Gareth Southgate memiliki banyak opsi pemain, setelah Kyle Walker, Phil Foden, Jordan Henderson dan Marcus Rashford yang starting eleven ketika melawan Wales.

Sedangkan perkiraan pemain Inggris dan Senegal ketika bertanding nanti sebagai berikut:

Inggris (4-3-3): Jordan Pickford; Kyle Walker, John Stones, Harry Maguire, Luke Shaw; Declan Rice, Jordan Henderson, Jude Bellingham; Marcus Rashford, Harry Kane, Phil Foden

Senegal (4-3-3): Edouard Mendy; Youssouf Sabaly, Kalidou Koulibaly, Abdou Diallo, Ismail Jakobs; Pape Gueye, Nampalys Mendy, Pathe Ciss; Iliman Ndiaye, Boulaye Dia, Ismaila Sarr

Senegal memenangkan dua pertandingan fase grup terakhir setelah dilumat Belanda 0-2. Sejauh ini pemain-pemain pelapis Senegal tampil sebagus mereka yang kehilangan posisi karena absen dan skorsing.

Selama fase grup, lini depan Senegal mencetak lima gol atau sama dengan Belanda yang menjuarai grup. Namun Senegal masih kalah produktif dibandingkan Inggris.

Pertahanan Singa Teranga juga sudah kebobolan empat kali meskipun dikawal kiper tangguh Edouard Mendy dan bek tengah perkasa Kalidou Koulibaly.

Reporter: Antara
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait