16 Besar Piala Dunia 2022: Prancis vs Polandia, Inggris vs Senegal

Desy Setyowati
4 Desember 2022, 07:11
Piala Dunia 2022, piala dunia, prancis vs polandia
Kemlu
Piala Dunia 2022

Prancis memenangkan duel ketiga dalam babak 16 besar Piala Dunia 2022 daan akan melawan tim dari Polandia. Sedangkan Inggris bakal bertanding dengan Senegal.

Prancis lolos ke 16 besar setelah menjuarai Grup D. Negara Segi Enam ini sempat kalah 0-1 dari Tunisia dalam laga terakhir fase grup.

Sedangkan Polandia lolos ke babak 16 besar untuk pertama kalinya dalam kurun 36 tahun tahun terakhir, sekalipun dikalahkan Argentina 0-2 dalam pertandingan terakhir Grup C.

Polandia pernah menaklukkan Prancis dalam perebutan tempat ketiga Piala Dunia 1982.

Pelatih Polandia Czeslaw Michniewicz menepis kritik bahwa timnya bermain terlalu defensif. Ia mengatakan pendekatan ini malah membawa mereka ke babak 16 besar.

"Kami tidak takut kepada Prancis. Kami menghormati mereka, tapi kami tidak peduli dengan pendapat orang mengenai tim kami," kata Michniewicz dikutip Reuters, Minggu (4/12).

"Sepak bola adalah tentang memenangkan trofi dan menjadi sukses, terutama dalam Piala Dunia. Anda tak bisa membiarkan lawan mencetak gol dengan mudah. Kami bertahan dengan baik dan sebagai imbalannya kami akan melawan Prancis," tambah dia.

Michniewicz yakin Polandia bakal menjadi ‘juara dunia berikutnya’, jika bisa mengalahkan Prancis. Dia mengaku sudah menganalisis bagaimana Tunisia mengalahkan Prancis, serta cara Prancis mengatasi tim Australia dan Denmark.

Namun ia belum menemukan titik lemah Prancis.

Sedangkan Prancis menaruh perhatian lebih kepada satu pemain Polandia, yakni Robert Lewandowski. Meski begitu, Polandia juga memiliki kiper Wojciech Szczesny yang dua kali mementahkan penalti.

Sepanjang kariernya, Szczesny menggagalkan 26 dari 87 penalti. "Mereka bertahan dengan sangat baik. Tetapi mereka bukan hanya tim yang bertahan, lihat saja siapa yang mereka miliki di depan," kata pelatih Prancis Didier Deschamps.

“Mereka memiliki tulang punggung lain dengan pengalaman internasional yang hebat pada diri Kamil Glik, Piotr Zieliński, Grzegorz Krychowiak dan beberapa pemain muda yang menunjukkan bahwa mereka mampu menunaikan tugasnya," ujar Deschamps.

Prancis akan berfokus mematikan Lewandowski, dan secepat mungkin mencetak gol. Selain itu, selama mungkin menjaga keunggulan karena taruhannya mahal jika laga dilanjutkan dengan adu penalti.

Prediksi Pemain Prancis dan Polandia

Ini pertemuan kedua negara dalam ajang Piala Dunia setelah pertandingan perebutan tempat ketiga Piala Dunia 1982 yang dimenangkan oleh Polandia.

Pada dua pertemuan terakhirnya dalam kualifikasi Euro 1996 kedua negara berakhir seri.

Prancis menjadi juara bertahan Piala Dunia pertama yang mencapai babak knockout sejak Brasil pada Piala Dunia 2006.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...