Jelang Menikah, Kaesang Siraman dan Sungkeman ke Jokowi

Ameidyo Daud Nasution
9 Desember 2022, 12:06
jokowi, kaesang, menikah
ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/tom.
Presiden Joko Widodo (ketiga kanan) dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo (kedua kanan) bersama putra bungsu Kaesang Pangarep (kanan) dan menantu Bobby Nasution (kiri) memberikan keterangan kepada wartawan usai prosesi siraman calon pengantin di Sumber, Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, Jumat (9/12/2022).

Presiden Joko Widodo memulai prosesi pernikahan anak bungsunya, Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono pada Jumat (9/12). Prosesi dimulai dengan pemasangan bleketepe di depan kediaman pribadi Jokowi di Banjarsari, Solo.

Jokowi ditemani oleh Ibu Negara Iriana, putrinya Kahiyang Ayu, serta suami Kahiyang yang juga Wali Kota Medan Bobby Nasution. Tampak, Presiden mengenakan setelan baju beskap berwarna ungu dan blangkon memasang bleketepe.

Dalam siaran Kompas TV, terlihat Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Luar Negeri Retno P. Marsudi, hingga Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Hadi Tjahjanto hadir.

Adapun, acara dilanjutkan dengan sungkeman. Kaesang meminta restu kepada Jokowi dan Iriana sebelum dimandikan dengan air dari tujuh mata air di Keraton Kasunanan, Mangkunengaran, Masjid Agung Surakarta, Umbul Pengging, Istana Merdeka, Istana Bogor, dan rumah kediaman Solo.

NONTON BARENG PENGAJIAN JELANG PERNIKAHAN KAESANG ERINA
NONTON BARENG PENGAJIAN JELANG PERNIKAHAN KAESANG ERINA (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/hp.)

Jokowi, mengatakan sungkeman tersebut sebagai simbol harapan orang tua agar Kaesang dan Erina bisa menjadi keluarga sakinah, mawaddah, warrahmah. Setelah acara siang ini, keluarga Jokowi akan meluncur ke Yogyakarta.

"Setelah Salat jumat akan menuju Yogyakarta untuk persiapan acara Jumat malam," kata Presiden di kediamannya, Jumat (9/12) dikutip dari Antara.

Jokowi mengatakan acara sungkeman dan siraman berjalan baik. Ia lalu meminta maaf kepada masyarakat apabila acara pernikahan Kaesang dan Erina mengganggu kenyamanan.

Adapun akad akan digelar di Hotel Royal Ambarrukmo, Yogyakarta pada Sabtu (10/12). Kegiatan dilanjutkan dengan resepsi pernikahan di Pura Mangkunegaran Solo pada Minggu (11/12).

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...