Pernikahan Kaesang Jadi Ajang Kumpul Tokoh dari SBY hingga Megawati

Ameidyo Daud Nasution
12 Desember 2022, 12:17
Luhut Binsar Pandjaitan, Presiden Joko Widodo (Jokowi), dan Iriana Joko Widodo di Acara Tasyakuran Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Pura Mangkunegaran, Surakarta (11/12/2022).
Tim Media Pernikahan Kaesang Erina
Luhut Binsar Pandjaitan, Presiden Joko Widodo (Jokowi), dan Iriana Joko Widodo di Acara Tasyakuran Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Pura Mangkunegaran, Surakarta (11/12/2022).

Prosesi pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono telah rampung pada Minggu (11/12). Presiden Joko Widodo berterima kasih kepada seluruh tamu yang datang untuk memberikan selamat kepada putra bungsunya.

"Utamanya ijab kabul dan tasyakuran berjalan baik dan lancar," kata Jokowi usai acara di Pura Mangkunegaran, Solo, Minggu (11/12) dikutip dari Antara.

Adapun rangkaian pernikahan Kaesang dimulai pada Jumat (7/12) dengan sungkeman dan siraman di kediaman pribadi Jokowi di Banjarsari, Solo. Malamnya, keluarga mempelai meluncur ke rumah keluarga Erina Gudono di Sleman, Yogyakarta untuk hadir dalam acara midodareni.

Keesokan harinya, akad nikah digelar di Hotel Royal Ambarrukmo, Yogyakarta. Acara dilanjutkan dengan pemberian selamat dan nasihat pernikahan dari Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Pada Minggu (11/12), kedua mempelai menggelar prosesi tasyakuran di Pura Mangkunegaran, Solo. Acara dimulai dengan ngunduh mantu di Loji Gandrung pada pagi hari.

Setelahnya, Kaesang dan Erina menjalani kirab pengantin menuju Pura Mangkunegaran. Resepsi di Pura Mangkunegaran baru berakhir pada pukul 22.00 WIB.

Acara tersebut dihadiri ribuan orang. Hadir pula tokoh politik, pengusaha, hingga mantan presiden dan wakil presiden. Berikut serba-serbi tamu yang menghadiri resepsi:

Mantan Presiden dan Wapres

Pernikahan ini dihadiri oleh mantan presiden serta wakil presiden RI. Mereka yang hadir yaitu Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri yang datang bersama putrinya Puan Maharani dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Ada juga Wakil Presiden ke-9 Hamzah Haz, Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI Jusuf Kalla, Wakil Presiden ke-11 RI Boediono, hingga istri Presiden ke-4 RI Sinta Nuriyah Abdurrahman Wahid.

SBY 

Presiden keenam RI, Susilo Bambang Yudhoyono hadir dalam resepsi yang digelar pada malam hari. SBY hadir didampingi putranya yakni Agus Harimurti Yudhoyono, Edhie Baskoro Yudhoyono, serta menantunya yakni Annisa Pohan.

SBY beralasan kedatangannya ini karena undangan yang diberikan secara langsung oleh Kaesang. Selain itu, SBY mengaku tak pernah melupakan pemilik Sang Pisang itu karena pernah ikut menyalatkan Ani Yudhoyono yang wafat di Singapura pada 2019 silam.

TAMU PERNIKAHAN KAESANG-ERINA
TAMU PERNIKAHAN KAESANG-ERINA (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/nz.)

 

Sedangkan Agus juga memberikan selamat kepada Kaesang dan Erina. "Insyaallah membawa berkah dan kebahagiaan untuk keluarga besar Pak Jokowi,” ujar AHY seperti dikutip dari akun instagram miliknya @agusyudhoyono, Senin (12/12).

Gibran Gandeng Mega

Resepsi tersebut juga dihadiri Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Mega hadir didampingi putrinya, Puan Maharani pada acara malam hari.

Usai bersalaman dan berfoto dengan Jokowi serta mempelai. Turun dari pelaminan, Mega lalu terlihat digandeng oleh Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan Puan.

TAMU PERNIKAHAN KAESANG-ERINA
TAMU PERNIKAHAN KAESANG-ERINA (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho.)

 

Ketika ditanyakan oleh awak media, putra sulung Jokowi itu sempat mengatakan inisiatif tersebut datang dari dirinya. "Saya sudah seperti cucunya," kata Gibran.

Putra MBZ 

Pernikahan tersebut juga dihadiri tamu internasional, salah satunya Sheikh Khaled bin Mohamed bin Zayed. Putra Presiden Uni Emirat Arab Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan itu datang mewakili ayahnya.

TAMU PERNIKAHAN KAESANG-ERINA
TAMU PERNIKAHAN KAESANG-ERINA (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/nz.)

 

Sebelumnya, Sheikh Khaled dan Jokowi sempat meninjau Masjid Raya Sheikh Zayed yang berada di Solo pada Minggu (12/12). Keduanya sempat melihat-lihat arsitektur dan desain interior masjid.

Calon Presiden Potensial

Resepsi Kaesang juga dihadiri nama-nama potensial sebagai calon presiden RI. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo serta Gubernur DKI Jakarta 2017-2022 Anies Baswedan hadir dalam acara siang di Pura Mangkunegaran. 

Adapun, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto hadir dalam resepsi di malam hari. Prabowo yang berseragam beskap lengkap dengan blangkon hadir bersama-sama para Menteri Kabinet Indonesia Maju.

 

Reporter: Ira Guslina Sufa, Antara
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait