Pernikahan Kaesang Jadi Ajang Kumpul Tokoh dari SBY hingga Megawati

Ameidyo Daud Nasution
12 Desember 2022, 12:17
Luhut Binsar Pandjaitan, Presiden Joko Widodo (Jokowi), dan Iriana Joko Widodo di Acara Tasyakuran Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Pura Mangkunegaran, Surakarta (11/12/2022).
Tim Media Pernikahan Kaesang Erina
Luhut Binsar Pandjaitan, Presiden Joko Widodo (Jokowi), dan Iriana Joko Widodo di Acara Tasyakuran Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Pura Mangkunegaran, Surakarta (11/12/2022).

Prosesi pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono telah rampung pada Minggu (11/12). Presiden Joko Widodo berterima kasih kepada seluruh tamu yang datang untuk memberikan selamat kepada putra bungsunya.

"Utamanya ijab kabul dan tasyakuran berjalan baik dan lancar," kata Jokowi usai acara di Pura Mangkunegaran, Solo, Minggu (11/12) dikutip dari Antara.

Adapun rangkaian pernikahan Kaesang dimulai pada Jumat (7/12) dengan sungkeman dan siraman di kediaman pribadi Jokowi di Banjarsari, Solo. Malamnya, keluarga mempelai meluncur ke rumah keluarga Erina Gudono di Sleman, Yogyakarta untuk hadir dalam acara midodareni.

Keesokan harinya, akad nikah digelar di Hotel Royal Ambarrukmo, Yogyakarta. Acara dilanjutkan dengan pemberian selamat dan nasihat pernikahan dari Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Pada Minggu (11/12), kedua mempelai menggelar prosesi tasyakuran di Pura Mangkunegaran, Solo. Acara dimulai dengan ngunduh mantu di Loji Gandrung pada pagi hari.

Setelahnya, Kaesang dan Erina menjalani kirab pengantin menuju Pura Mangkunegaran. Resepsi di Pura Mangkunegaran baru berakhir pada pukul 22.00 WIB.

Acara tersebut dihadiri ribuan orang. Hadir pula tokoh politik, pengusaha, hingga mantan presiden dan wakil presiden. Berikut serba-serbi tamu yang menghadiri resepsi:

Mantan Presiden dan Wapres

Pernikahan ini dihadiri oleh mantan presiden serta wakil presiden RI. Mereka yang hadir yaitu Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri yang datang bersama putrinya Puan Maharani dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Ada juga Wakil Presiden ke-9 Hamzah Haz, Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI Jusuf Kalla, Wakil Presiden ke-11 RI Boediono, hingga istri Presiden ke-4 RI Sinta Nuriyah Abdurrahman Wahid.

SBY 

Presiden keenam RI, Susilo Bambang Yudhoyono hadir dalam resepsi yang digelar pada malam hari. SBY hadir didampingi putranya yakni Agus Harimurti Yudhoyono, Edhie Baskoro Yudhoyono, serta menantunya yakni Annisa Pohan.

Halaman:
Reporter: Ira Guslina Sufa, Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...