Ribuan Tamu Resepsi Kaesang: Pangeran Arab hingga Penjual Angkringan

Sekitar 6.000 tamu undangan akan menghadiri resepsi pernikahan putera bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono.
Agustiyanti
11 Desember 2022, 11:08
jokowi, kaesang, resepsi kaesang, ngunduh mantu
ANTARA FOTO/Maulana Surya/nym.
Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo (kedua kiri) dan Ibunda Erina Gudono Sofiatun Gudono (kedua kanan) dan kakaknya Allen Adam Rinaldy Gudono (kanan) saat acara ngunduh mantu pernikahan putra bungsu presiden Kaesang Pangarep (ketiga kiri) dengan istrinya Erina Gudono (ketiga kanan) di Loji Gandrung Solo, Jawa Tengah, Minggu (11/12/2022). Acara ngunduh mantu pernikahan putra presiden tersebut juga diisi dengan kirab budaya dan pesta rakyat.

Presiden Joko Widodo menggelar resepsi pernikahan putera bungsunya Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Pura Mangkungeara, Solo pada Minggu (11/12). Sekitar 6.000 tamu yang terdiri dari kepala negara, para menteri, gubernur, hingga penjual angkringan rencananya akan menghadiri resepsi tersebut.

Undangan resepsi telah disebar sejak akhir bulan lalu. Para tamu yang hadir dilarang membawa kendaraan pribadi karena lokasi resepsi tidak memungkinkan untuk menampung seluruh kendaraan. Oleh karena itu, panitia pernikahan menyediakan shuttle bus dari hotel maupun dari sejumlah kantong parkir yang telah disiapkan seperti di Benteng Vastenburg dan Stadion Manahan Solo.

Panglima TNI Andika Perkasa mengatakan, sebanyak 11.800 personil TNI dan Polri ditugaskan untuk mengamankan seluruh prosesi ngunduh mantu, kirab, hingga resepsi. Ia juga memastikan keamanan para tamu VVIP yang hadir dalam resespsi tersebut, salah satunya Pangeran Arab Saudi. 

Andika tidak menjelaksan lebih detail apakah pangeran dari Arab Saudi yang akan hadir adalah Mohammed bin Salman Al Saud (MBS). Selain pangeran Arab Saudi, Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohamed bin Zayed Al Nahyan (MBZ) juga dikabarkan akan menghadiri resepsi tersebut. 

Adapun resepsi pernikahan ini juga dihadiri para menteri Kabinet Indonesia Maju, antara lain Menteri Koordinator Bidang Investasi Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.  Resepsi pernikahan juga dihadiri para gubernur, duta besar, pengusaha, hingga para pemimpin media.

Tak hanya pengusaha dan pejabat tinggi, Presiden Joko Widodo bahkan juga mengundang penjual angkringan, Joko Riyatno yang merupakan langganannya sejak sebelum menjabat sebagai Walikota Solo. 

Resepsi pernikahan Kaesang dan Erina akan digelar dalam dua sesi. Sesi pertama berlangsung sejak pagi hingga siang, sedangkan sesi kedua akan digelar mulai pukul 19.00 WIB.

 

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait