Final Piala Dunia 2022: Menanti Ujian Terakhir Messi Melawan Mbappé

Ameidyo Daud Nasution
18 Desember 2022, 08:56
Piala dunia, argentina, messi, mbappe, rancis
FIFA WOrld Cup
Striker Argentina Lionel Messi saat pertandingan melawan Kroasia pada Selasa (13/12). Foto: Instagram FIFA World Cup

Partai Final Piala Dunia 2022 akan digelar di Stadion Lusail, Qatar pada Minggu (18/12) pukul 18.00 waktu setempat atau 22.00 WIB. Partai puncak akan mempertemukan Argentina melawan Prancis.

Pertandingan ini juga akan mempertemukan dua pemain yang dianggap terbaik sepanjang turnamen kali ini: Lionel Messi melawan Kylian Mbappé. Keduanya saat ini menjadi pencetak gol terbanyak di Qatar 2022 dengan torehan 5 gol.

Di bawahnya, ada penyerang Argentina Julian Alvares dan striker veteran Les Bleus Olivier Giroud yang saat ini sama-sama mengoleksi empat gol.

Ini akan menjadi final kedua Messi usai 2014 lalu. Delapan tahun lalu, Argentina dipaksa mengakui keunggulan Jerman dengan skor 1-0 yang dicetak Mario Gotze pada babak tambahan.

Messi juga mengakui pertandingan nanti malam kemungkinan menjadi partai terakhirnya di Piala Dunia. Ini karena usianya yang tak lagi muda, 35 tahun. La Pulga telah menjalani lima Piala Dunia sepanjang karirnya.

"Bahagia bisa mencapai sini. Bisa menyelesaikan karir Piala Dunia saya dengan memainkan pertandingan terakhir di final," kata Messi usai pertandingan semi final melawan Kroasia, Selasa (13/12) dikutip dari CNN.

Sedangkan Pelatih Prancis, Didier Deschamps tak khawatir dengan potensi ancaman yang ditebar Messi, Angel Di Maria, dan bintang Argentina lainnya. Ia berniat untuk tetap mempertahankan gelar juara dunia yang diraih pada empat tahun lalu.

"Saya tahu orang Argentina, orang di seluruh dunia, dan mungkin beberapa orang Prancis berharap Lionel Messi bisa memenangkan Piala Dunia. Tapi kami akan melakukan segalanya untuk mencapai tujuan kami." kata Deschamps pada Sabtu (17/12) dikutip dari BBC.

Striker Prancis Kylian Mbappe mereayakan gol dengan Olivier Giroud pada pertandingan melawan Polandia pada Minggu (5/12). Foto: Instagram FIFA World C
Striker Prancis Kylian Mbappe mereayakan gol dengan Olivier Giroud pada pertandingan melawan Polandia pada Minggu (5/12). Foto: Instagram FIFA World C (Instagram FIFA World Cup)

Argentina telah bertemu Prancis sebanyak 12 kali sebelum ini. Dari jumlah tersebut, enam pertandingan dimenangkan Albiceleste, tiga seri, dan tiga lagi merupakan kemenangan Prancis.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...