Macron Hadir Langsung di Final Piala Dunia, Presiden Argentina Absen

Presiden Argentina Alberto Fernandez akan menonton partai puncak Piala Dunia dari rumahnya.
Ameidyo Daud Nasution
18 Desember 2022, 11:46
piala dunia, argentina, prancis
ANTARA FOTO/REUTERS/Agustin Marcarian
Calon Presiden Alberto Fernandez.

Partai final Piala Dunia 2022 pada Minggu (18/12) malam tak akan dihadiri salah satu pemimpin negara yang bertanding. Presiden Argentina, Alberto Fernandez dipastikan tak akan menontin dari Stadion Lusail.

Sedangkan Presiden Prancis Emmanuel Macron akan hadir langsung untuk mendukung Les Bleus melawan Argentina. Alberto Fernandez, dalam cuitannya di Twitter mengatakan dirinya akan menonton pertandingan besar itu dari kediamannya.

"Seperti jutaan kompatriot lainnya, saya akan menikmati Final Piala Dunia di rumah," kata Fernandez dalam akun Twitternya pada Minggu (18/12).

Sedangkan Macron sebelumnya sempat menghadiri partai semi final Piala Dunia antara Prancis melawan Maroko. Ia dijadwalkan akan kembali hadir di Doha untuk menghadiri partai puncak.

"Saya mendukung tim Prancis dan saya pikir orang-orang Prancis juga akan melakukan itu (menonton)," kata Macron di Brussels pada Kamis (15/12) dikutip dari Associated Press.

Macron lalu merujuk 20 juta penonton semifinal di televisi lokal Prancis. Ia mengatakan angka tersebut merupakan rekor tertinggi sejak pertandingan Piala Dunia 2006 silam.

"Angkanya ada. Kami mencintai tim nasional kami, kami bangga, dan kami ingin menang," katanya.

PENUTUPAN KTT G20 INDONESIA
PENUTUPAN KTT G20 INDONESIA (ANTARA FOTO/Media Center G20 Indonesia/Zabur Karuru/wsj.)

 

Macron memang dikenal sebagai fans sepakbola sejak muda. Ia bahkan sempat bermain bola dengan tim sekolah administrasi Prancis, ENA pada tahun 2000-an.

Selain itu Macron juga dikenal sebagai fans klub Marseille. Ia juga tahun lalu sempat unjuk kebolehan saat pertandingan sepak bola amal dan mencetak gol dari titik penalti.

Dengan ketidakhadiran Fernandez, ini berarti sudah dua kali Argetina tak ditonton langsung pemimpinnya saat Final Piala Dunia. Tahun 2014, Presiden Kristina Fernández de Kirchner juga tidak menghadiri langsung Argentina melawan Jerman di Stadion Maracana, Rio de Janeiro, Brasil.

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait