Bendungan Sadawarna Beres, Jokowi Minta Produksi Beras Indramayu Naik

Andi M. Arief
27 Desember 2022, 15:06
jokowi, bendungan, sadawarna
Youtube/Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat meresmikan Bendungan Sadawarna di Sumedang, Jawa Barat Selasa (27/12). Foto: Youtube/Sekretariat Presiden.

Presiden Joko Widodo telah meresmikan bendungan ke-33 selama masa pemerintahannya, yakni Bendungan Sadawarna. Kepala Negara mengingatkan agar bendungan tersebut harus dapat menaikkan produksi beras di Indramayu.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat memproyeksikan pengoperasian Bendungan Sadawarna dapat meningkatkan hasil produksi beras di Indramayu dari 1,3 juta ton per tahun menjadi 1,8 juta ton. Adapun, Bendungan Sadawarna dapat memasok air irigasi untuk sawah seluas 4.280 hektar.

"Bendungan ini menghabiskan anggaran Rp 2,06 triliun, bukan uang sedikit. Jadi, kalau waduknya sudah ada nanti dan Indramayu tidak naik produksi padinya, awas," ujar Jokowi dalam saluran resmi Sekretariat Presiden, Selasa (27/12).

Jokowi berharap produktivitas padi dan komoditas hortikultura dapat naik dengan beroperasinya bendungan-bendungan baru yang telah beroperasi selama masa pemerintahannya. Sebagai informasi, Jokowi berencana membangun sekitar 60 bendungan hingga 2024.

Peningkatan produktivitas akan meningkatkan kemandirian pangan di dalam negeri. "Itulah tujuan utama dari dibangunnya bendungan, selain untuk wisata, pembangkit listrik, dan penyediaan air baku," kata Jokowi.

Bendungan Sadawarna berada di Kabupaten Sumedang, namun mayoritas penggunaan air akan digunakan oleh masyarakat di Kabupaten Indramayu. Bendungan ini dirancang untuk memasok air baku sebanyak 1.200 liter per detik.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat juga memberikan kompensasi kepada Pemerintah Kabupaten Sumedang berupa tambahan anggaran senilai Rp 100 miliar. Tambahan anggaran tersebut dapat digunakan untuk mengembangkan sektor pariwisata di Sumedang.

"Kedua, kompensasinya saya doakan masuk surga duluan karena sudah berkorban," kata Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di kesempatan yang sama.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...