Bendungan Semantok Beres, Jokowi Targetkan Panen Naik Tiga Kali Lipat

Andi M. Arief
20 Desember 2022, 17:56
Presiden Joko Widodo meresmikan Bendungan Semantok di Madiun, Jawa Timur, Selasa (20/12). Foto: Antara.
Antara
Presiden Joko Widodo meresmikan Bendungan Semantok di Madiun, Jawa Timur, Selasa (20/12). Foto: Antara.

Presiden Joko Widodo telah meresmikan Bendungan Semantok di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Ia berharap kehadiran bendungan tersebut mampu menyejahterakan petani.

Jokowi menargetkan indeks pertanian di Provinsi Jawa Timur bisa terkerek dengan adanya Bendungan Semantok. Para petani juga dapat melakukan panen tanaman non-padi menjadi tiga kali setahun dari posisi saat ini dua kali setahun.

Advertisement

"Kita harapkan nantinya dengna bendungan ini mestinya yang di bawah nanti terairi, biasanya panen sekali, nanti bisa panen dua kali. Kalau biasanya panen dua kali, bisa panen tiga kali," kata Presiden Jokowi dalam saluran resmi Sekretariat Presiden, Selasa (20/12).

Bendungan Semantok telah dibangun sejak 2017 dan memakan anggaran senilai Rp 2,5 triliun. Bendungan tersebut dapat mengairi lahan pertanian hingga 1.900 hektar.

Sebagai informasi, Bendungan Semantok memiliki kapasitas tampung hingga 23,67 juta meter kubik dengan luas genangan 365 hektar. Adapun, Bendungan Semantok tidak didesain untuk menghasilkan energi.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement