Beda dengan BRIN, BMKG Sebut Peluang Badai Besar Hari Ini Kecil

Ameidyo Daud Nasution
28 Desember 2022, 07:11
bmkg, brin, badai
ANTARA FOTO/Darryl Ramadhan/tom.
Sejumlah pengendara sepeda motor menuntun kendaraannya melewati banjir di Jalan Ciledug Raya, Pesanggrahan, Jakarta, Kamis (2/12/2022).

Peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) memprediksi badai dahsyat akan melanda wilayah Jakarta dan sekitarnya hari ini. Meski demikian, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) peluang terjadinya badai besar kecil hari ini.

"Berdasarkan prakiraan cuaca pada 28 Desember 2022, umumnya adalah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat namun bukan badai," kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto dikutip dari cuitan akun Twitter BMKG, Rabu (28/12).

Guswanto juga meminta masyarakat tetap tenang dan memperbarui informasi lewat kanal resmi BMKG. Mereka juga mengimbau agar masyarakat waspada terhadap dampak hujan. "Yaitu adanya potensi bencana hidrometeorologi," katanya.

Sedangkan, Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG, Fachri Radjab mengatakan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat masih berpotensi terjadi hingga awal Januari 2023.

Hujan dengan intensitas lebat berpotensi terjadi pada Jumat (30/12). Soal badai, Fachri memberikan penjelasan agar masyarakat tetap tenang.

Ia mengatakan, badai menurut terminologi adalah bagian dari hujan lebat dan angin yang terkait siklon tropis. "Atau angin kencang yang menyertai cuaca buruk berkecepatan 64-72 knot," kata Fachri.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...