Peneliti BRIN Ungkap Potensi Badai dan Banjir di Jabodetabek Besok

Ameidyo Daud Nasution
27 Desember 2022, 12:17
brin, banjir, badai
ANTARA FOTO/Darryl Ramadhan/tom.
Sejumlah pengguna jalan melintasi banjir di Jalan Ciledug Raya, Pesanggrahan, Jakarta, Kamis (2/12/2022).

Peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) meminta masyarakat di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi mewaspadai potensi banjir pekan ini. Hal tersebut karena mereka memperkirakan akan ada cuaca buruk di wilayah tersebut pada Rabu (28/12).

"Siapapun anda, yang tinggal di Jabodetabek khususnya Tangeran dan Banten, mohon bersiap dengan hujan ekstrem dan badai dahsyat," kata peneliti BRIN Erma Yulihastin dalam unggahan di akun Twitternya, Senin (26/12).

Advertisement

Erma menjelaskan, badai besar dari laut akan pindah melalui dua jalur yakni dari barat melalui angin baratan serta dari utara melalui angin permukaan. Banten hingga Bekasi akan menjadi titik pertemuan dua angin tersebut.

"Dimulai sejak siang hingga malam hari," kata Erma.

Erma mengatakan angin yang merupakan "tol hujan" tersebut mulai terbentuk pada Selasa (27/12) pukul 03.00 WIB. Lokasinya berada di atas Samudera Hindia dan akan bergabung dengan badai konvektif skala meso yang terbentuk di daratan.

Jalan tol hujan ini bukan hanya menjadi penghubung suplai kelembapan ke darat, namun menjadi jalan badai mengakumulasikan energinya. "Sehingga badai bersifat long lasting," katanya.

Hasil kajian BRIN, ketika badai menyeberang ke Selat Sunda, maka akan mengalami penggabungan. Dampaknya, akan terbentuk sebuah badai raksasa di atas Jabodetabek. "Mekanisme ini yang harus diwaspadai," katanya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement