Menkominfo Johnny Plate Tepis Isu Dirinya Kena Reshuffle

Andi M. Arief
5 Januari 2023, 16:25
reshuffle, johnny plate, nasdem
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/hp.
Menkominfo Johnny G Plate (kiri) bersama Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol. Ahmad Ramadhan (kedua kanan memberikan keterangan pers terkait nota kesepahaman (MoU) antara Kominfo tengan Polri tentang "Sinergi Tugas dan Fungsi di bidang Komunikasi dan Informatika" di Ruang Media Center Kementerian Kominfo, Jakarta, Rabu (4/1/2023).

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate menepis isu reshuffle yang terjadi pada dirinya. Sekretariat Jenderal Partai Nasdem ini menilai perombakan susunan kabinet merupakan hak prerogatif presiden.

Johnny mengatakan masih melaksanakan tugas dan fungi sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika yang dipercayakan oleh Presiden Joko Widodo. Dia mengingatkan masyarakat agar setiap informasi diverifikasi terlebih dulu.

"Mengingat informasi yang telah beredar secara luas di masyarakat, khususnya dalam media sosial, dapat kami sampaikan bahwa hingga saat ini kami masih melaksanakan tugas dan fungsi yang dipercayakan bapak presiden," kata Johnny kepada wartawan, Kamis (5/1).

Di sisi lain, Johnny menegaskan konstitusi telah menjamin hak presiden untuk membentuk dan mengubah susunan kabinetnya. Oleh karena itu, ia menilai semua partai politik dapat memahami hak prerogatif presiden tersebut.

Sebelumnya, Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin menyatakan potensi pergantian pemain di Kabinet Indonesia Maju akan terjadi pada bulan ini. Namun KSP belum mengumumkan pejabat di kementerian apa yang akan diganti presiden.

Ngabalin juga meminta menteri yang diganti harus memiliki sikap yang sama saat dipilih ketika digantikan nanti. Menurutnya, menteri yang digantikan harus berterima kasih kepada presiden saat dilengserkan nanti.

"Kita tunggu bareng-bareng," kata Ngabalin kepada wartawan, Kamis (5/1).

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...