Anwar Ibrahim Janji Benahi Masalah Pekerja Migran RI Tahun Ini

Andi M. Arief
9 Januari 2023, 18:04
anwar ibrahim, malaysia, buruh
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/hp.
Presiden Joko Widodo (kanan) bersama Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim tiba untuk memeriksa pasukan di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (9/1/2023).

Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim berencana untuk menyelesaikan masalah perlindungan Pekerja Migran Indonesia atau PMI pada pertengahan 2023. Strategi yang akan dilakukannya adalah digitalisasi proses penyerapan PMI.

Anwar mengatakan digitalisasi dapat meminimalisasi agen penyerap PMI di Malaysia yang mengenakan biaya terlalu tinggi pada calon PMI. Selain itu, ia berencana untuk mendigitalisasi proses pengajuan visa untuk mengurangi pekerja migran ilegal di Malaysia.

"Saya memberikan jaminan pada Presiden Joko Widodo. Saya pastikan saat berkunjung pada Juli 2023, ini dapat diselesaikan," kata Anwar dalam CT Corp Leadership Forum, Senin (9/1).

Selain digitalisasi sistem, Anwar akan merancang aturan lebih keras kepada pelaku kekerasan PMI di Malaysia. Menurutnya, aparat penegak hukum atau APH Malaysia harus menegakkan hukum bagi semua pihak tanpa mengenal status sosial maupun jabatan dalam pemerintahan.

Di sisi lain, Anwar menyampaikan penyerapan tenaga kerja asing menjadi isu yang sensitif di Malaysia lantaran pertumbuhan angka pengangguran. Berdasarkan data CEIC, angka pengangguran di Negeri Jiran berada di posisi 3,7% pada September 2022.

CEIC mendata angka pengangguran di Malaysia konsisten menurun pada November 2021 di level 4,4% menjadi 3,6% pada Juni 2022. Sebelum pandemi Covid-19, angka pengangguran di Negeri Jiran stabil di kisaran 3,2% - 3,3%.

Adapun, angka pengangguran tertinggi di Malaysia terjadi pada Mei 2020 atau mencapai 5,2%. Sementara itu, angka pengangguran terendah dialami pada September 2014 atau sekitar 2,6%.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...