Kepala BPK Bali Joko Agus Setyono Dilantik Jadi Sekda DKI Jakarta

Ameidyo Daud Nasution
15 Februari 2023, 19:14
sekda dki, jakarta, joko agus setyono
Antara
Pelantikan Joko Agus Setyono di Balai kota DKI, Jakarta, Rabu (15/2). Foto: Antara.

Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono melantik Joko Agus Setyono sebagai Sekretaris Daerah DKI hari ini. Joko meggantikan Uus Kuswanto yang sebelumnya merupakan Penjabat Sekda.

Prosesi pembacaan sumpah dilakukan di Balai Kota Jakarta, Rabu (15/2) sore. Usai mengucapkan sumpah, Jokowi lalu menandatangani berita acara dan pakta integritas.

"Saya akan menjaga integritas, tidak menyalahgunakan kewenangan serta menghindarkan diri dari perbuatan tercela," bunyi sumpah yang dibacakan Joko di Balai Kota Jakarta, Rabu (15/2) dikutip dari Antara.

Joko dipilih Presiden Joko Widodo sebagai Sekda DKI Jakarta. Namanya menyisihkan Kepala Badan Pengelola Aset Daerah DKI Michael Rolandi Cesnanta Brata dan Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma untuk menjadi Sekda.

Joko sebelumnya adalah Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi Bali. Ia merupakan satu-satunya dari total 10 pelamar jabatan ini yang tak berasal dari Pemprov DKI.

Adapun, Uus Kuswanto akan kembali menjalankan tugasnya sebagai Asisten Kesejahteraan Rakyat Sekda DKI. Sekda definitif sebelumnya, Marullah Mattalo saat ini sudah menjadi Deputi Gubernur DKI Bidang Kebudayaan dan Pariwisata.

Sedangkan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI berharap Joko Agus mampu mendukung kinerja Heru Budi di ibu kota. Apalagi, Heru saat ini tak memiliki Wakil Gubernur.

Apalagi, Joko pernah menjabat sebagai Kepala Sub Auditorat DKI Jakarta I BPK. DPRD berharap pengalaman tersebut bisa membantu dalam menjalankan tugas.

"Dekati tokoh-tokoh masyarakat Jakarta, baik lintas agama dan suku," kata ketua Komisi A DPRD DKI, Mujiyono.

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...