Jokowi Targetkan Tol Balikpapan ke IKN Rampung 2024, Panjangnya 40 km

Ameidyo Daud Nasution
22 Februari 2023, 19:13
jokowi, tol, balikpapan
Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT)
Jalan Tol Balikpapan-Samarinda merupakan salah satu jalan tol yang masuk dalam daftar PSN 2021

Presiden Joko Widodo menargetkan tol dari Balikpapan menuju Kawasan Inti Ibu Kota Nusantara akan selesai akhir 2024. Tol sepanjang 40 kilometer itu bisa membuat perjalanan Balikpapan ke IKN hanya 30 menit.

"Kita harapkan ini menjadi infrastruktur pertama yang dibangun di IKN," kata Jokowi di Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu (22/2) dikutip dari Antara.

Jokowi mengatakan tak ada kendala dalam pembangunan proyek tersebut. Pembebasan lahan saat ini sudah diselesaikan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Kemarin sudah diinformasikan oleh Menteri PUPR," katanya.

Jokowi juga mengingatkan bawahannya agar pembangunan infrastruktur di IKN tak merugikan masyarakat. Selain itu, Presiden berjanji akan mengedepankan aspek berkelanjutan di IKN.

"Sekecil apapun yang berkaitan dengan lingkungan ini harus diperhatikan," katanya.

Sebelumnya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR melalui Direktorat Jenderal Bina Konstruksi menyatakan sebanyak 89 paket khusus IKN Tahun Anggaran 2022 - 2023 telah terkontrak.

Direktur Jenderal Bina Konstruksi Yudha Mediawan mengatakan, untuk progres pelaksanaan tender atau seleksi paket khusus IKN TA 2022 - 2023 terdapat total paket sebanyak 129 paket dengan nilai Rp 28,88 triliun.

"Sudah terkontrak sebanyak 89 paket atau senilai Rp 25,07 triliun. Sementara untuk paket yang dalam proses tender sebanyak 16 paket atau senilai Rp1,89 triliun," ujar Yudha dalam Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi V DPR RI yang dipantau secara daring di Jakarta, Selasa.


Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...