Pemerintah Terima Draf RUU Kesehatan, Akan Dibahas Bersama Publik

Ameidyo Daud Nasution
10 Maret 2023, 19:34
ruu kesehatan, dpr, kemenkes
ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra/tom.
Dokter spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan (THT) memeriksa telinga pasien di RSUD Kalisari, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Kamis (2/3/2023).

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) resmi mengirimkan draft Rancangan Undang-Undang (RUU) Kesehatan kepada pemerintah untuk dibahas. Ini setelah rancangan tersebut disahkan sebagai inisiatif dewan.

Dari sisi pemerintah, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin akan menjadi koordinator untuk membahas ruu ini bersama DPR. Menteri lain yang terlibat adalah Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim serta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas.

Selain itu ada pula Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, serta Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly.

"Tahapan ini secara resmi memulai proses partisipasi publik. Pemerintah dan DPR akan menghimpun masukan dan aspirasi masyarakat melalui berbagai forum," demikian keterangan tertulis Kemenkes, Jumat (10/3).

Budi akan mengoordinasikan penyusunan Daftar Inventarisasi Masalah (DIM) RUU dengan menteri lainnya. Sedangkan partisipasi publik akan dilakukan lewat organisasi profesi, organisasi masyarakat, lembaga, organisasi keagamaan, hingga lembaga swadaya masyarakat.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...