Jokowi Kembali Ingat Sulitnya Tangani Covid-19: Debat Berhari-hari

Ameidyo Daud Nasution
20 Maret 2023, 14:20
jokowi, covid-19, pandemi
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/aww.
Presiden Joko Widodo memimpin rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (30/1/2023).

Presiden Joko Widodo kembali menceritakan sulitnya masa-masa awal penanganan pandemi Covid-19. Hal ini karena tidak ada satu negara pun yang berpengalaman menghadapi wabah sebesar itu.

Salah satu kesulitan yang dihadapinya adalah perlunya pemerintah memberlakukan penguncian wilayah alias lockdown atau tidak. Jokowi sendiri mengakui saat itu dirinya tak mengetahui solusi apa yang paling tepat.

"Ingat, kita pernah debat berhari-hari soal lockdown," kata Jokowi saat pemberian Penghargaan Penanganan Covid-19 di Jakarta (20/3).

Saat itu, Presiden memilih untuk mendengarkan semua masukan dan kritik dari seluruh pihak. Ia juga menelepon pemimpin negara-negara yang sudah lebih dulu mendeteksi Covid-19.

"Yang dimintai pendapat, ternyata juga baru belajar," kata Jokowi.

Oleh sebab itu, ia harus mengambil kebijakan yang tidak mudah. Bahkan Jokowi sempat merasakan suasana mencekam saat awal-awal Covid-19 melanda Indonesia.

"Situasi besok, bulan depan tidak bisa dihitung. Bagaimana kondisi ekonomi juga tidak bisa diprediksi," katanya.

Meski demikian, pandemi saat ini sudah mereda. Oleh sebab itu, Jokowi memuji seluruh komponen bangsa yang sudah bekerja keras untuk menekan penularan Covid-19.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...