Pemerintah Optimistis Jaga Harga Beras hingga Daging saat Puasa

Andi M. Arief
24 Maret 2023, 15:53
beras, daging, pangan, puasa
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/hp.
Pedagang menyortir bawang merah yang dijual di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta, Jumat (24/3/2023).

Pemerintah optimistis dapat mengendalikan harga pangan selama Ramadan 2023 dengan menjaga pasokan pangan di dalam negeri. Badan Pangan Nasional mengatakan persiapan pasokan untuk menghadapi Ramadan 2023 telah mencapai 90%.

Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi mengatakan salah satu pasokan pangan yang masih disiapkan adalah daging kerbau. Sebagai informasi, pemerintah akan mendatangkan daging kerbau dari India sebanyak 100 ribu ton sepanjang 2023.

"Daging kerbau itu kan masih akan terus datang. Sampai dengan lebaran itu masih ada datang itu barang," kata Arief di Kompleks Istana Merdeka, Jumat (24/3).

Seperti diketahui, Badan Pangan Nasional meminta Bulog mendatangkan daging kerbau pada akhir Maret atau awal April 2023 sebanyak 20.000 ton.

Di samping itu, Arief optimistis dapat menjaga ketersediaan beras di dalam negeri. Ia mencatat total ketersediaan beras oleh Perum Bulog saat ini sekitar 220 ribu ton.

Pada saat yang sama, Bulog akan menyerap beras hasil produksi petani selama masa panen raya tahun ini. Selain itu, Perkumpulan Penggilingan Padi dan Pengusaha Beras Indonesia akan memasok 60 ribu ton beras ke Bulog.

"Jadi, hampir sekitar 300 ribu ton beras untuk Ramadan dan Lebaran 2023," kata Arief.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...