ESDM Jamin Stok BBM Arus Mudik Lebaran Aman, Cukup Untuk 15 Hari

Muhamad Fajar Riyandanu
20 April 2023, 16:43
bbm, mudik, lebaran
ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah/aww.
Kendaraan pemudik antre mengisi bahan bakar minyak di pertashop rest area 287 A jalan tol Pejagan-Pemalang, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Senin (17/4/2023).

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menjamin ketersediaan bahan bakar minyak (BBM) di wilayah Jawa Tengah selama puncak arus mudik dan arus balik Lebaran 2023.

Menteri ESDM, Arifin Tasrif, mengatakan stok ketahanan nasional BBM selama periode lebaran berada di atas 15 hari. Ia menjamin pasokan BBM aman terutama saat puncak arus mudik pada tanggal 19 April hingga 21 April dan puncak arus balik pada 24 April sampai 1 Mei.

Kepastian ini didapat setelah Menteri ESDM Arifin Tasrif melakukan peninjauan di beberapa SPBU di Semarang pada Rabu, 19 April. "Hari ini memasuki puncak arus mudik dan stok BBM dipastikan aman dan lancar di Jawa Bagian Tengah dan Insya Allah siap," kata Arifin dalam siaran pers, dikutip Kamis (20/4).

Satuan Tugas Ramadan dan Idulfitri (Satgas RAFI) terus mengoptimalkan infrastruktur untuk mengantisipasi terjadinya kepadatan arus mudik saat pengisian BBM. Salah satunya dengan menyiapkan 12 SPBU modular atau Pertashop di sepanjang jalur tol Jawa Bagian Tengah.

"Kios-kios Pertashop ini dibuka untuk memecah kepadatan dan kemungkinan akan dievaluasi untuk dilakukan penambahan agar masyarakat lebih nyaman," ujar Arifin. 

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati menjelaskan langkah lain untuk mengurai kepadatan arus mudik. Pertamina menyediakan 91 unit motor pengiriman bahan bakar dan 3 unit mobil pikap guna memenuhi kebutuhan bensin pemudik yang mengalami kekurangan di tengah jalan tol.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...