Restoran di Labuan Bajo Disidak Usai Temuan Formalin di Makanan Jokowi

Ameidyo Daud Nasution
27 April 2023, 09:56
jokowi, labuan bajo, formalin
ANTARA FOTO/Muchlis Jr - Biro Pers Setpres/hma/foc.
Presiden Joko Widodo memberikan sambutan pada pembukaan Hannover Messe 2023 di Hannover Congress Centrum, Hannover, Jerman, Minggu (16/4/2023).

Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur melakukan inspeksi mendadak (sidak) terhadap restoran yang ada di Labuan Bajo. Mereka ingin memastikan keamanan makanan kepada tamu dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT ASEAN di daerah ini pada 9 hingga 11 Mei 2023 mendatang.

Meski demikian, sidak juga dilakukan usai temuan formalin pada makanan yang hendak dihidangkan kepada Presiden Joko Widodo. Wakil Bupati Manggarai Barat, Yulianus Weng mengatakan pihaknya tak ingin melihat restoran menyajikan bahan berbahaya kepada tamu.

"Kami ingin Labuan Bajo aman dan nyaman bagi tamu ASEAN Summit, supaya makanan yang disajikan aman dari segi kesehatan," kata Yulianus di Labuan Bajo, Rabu (27/4) dikutip dari Antara.

Yulianus bersama tim dari Loka POM Manggarai Barat melakukan sidak di empat restoran yakni Prima Rasa, La Moringa, Mai Cenggo, dan Kelan. Dari temuan awal, keempat rumah makan tak menyajikan hidangan dengan kandungan bahan berbahaya.

Sidak akan dilakukan pada sejumlah restoran lain hari ini. Yulianus berharap dalam pemeriksaan, tidak ada zat berbahaya yang terkandung dalam hidangan. "Kami ingin membuktikan makanan di Manggari Barat itu bebas dari formalin," katanya.

Yulianus mengatakan jika pemda menemukan kandungan zat berbahaya, maka mereka tak segan mengambil tindakan berupa teguran keras hingga menghentikan izin usaha.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...