Jokowi Minta Penggantinya Berani: Jangan Takut Digugat Negara Lain

Ameidyo Daud Nasution
14 Mei 2023, 17:47
jokowi, capres, pilpres
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/nym.
Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato pada puncak acara Musyawarah Rakyat (Musra) di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (14/5/2023).

Presiden Joko Widodo memberikan pesan kepada calon penggantinya pada tahun 2024 nanti. Jokowi berpesan, pemimpin baru tak boleh takut dengan tekanan dari negara lain.

Jokowi mengatakan keberanian ini penting untuk membawa Indonesia menjadi negara maju. Presiden mencontohkan dirinya yang berani melakukan hilirisasi meski mendapatkan tekanan internasional.

"Saya titip pemimpin berikutnya, jangan takut digugat negara mana pun," kata Jokowi dalam pidato di Musyawarah Rakyat, Minggu (14/5) seperti disiarkan Kompas TV.

Jokowi mengatakan Indonesia saat ini menghadapi gugatan Uni Eropa karena larangan ekspor nikel. Mantan Wali Kota Solo ini mengaku tak takut dengan langkah tersebut karena hilirisasi penting untuk kemajuan Indonesia.

"Kalau kita digugat, melempem, tidak akan menjadi negara maju," katanya.

Presiden mengatakan hilirisasi akan banyak berdampak positif kepada negara. Diharapkan, pemerintah juga bisa mendapatkan pemasukan dari pajak dari pengolahan bahan mentah.

"Selain itu bisa membuka lapangan kerja," katanya.

Sedangkan sumber daya alam Indonesia sangat melimpah. Jokowi mengatakan potensi hilirisasi dari bahan lain seperti kakao, sawit, kopi, hingga minyak atsiri. "Belum lagi sumber daya alam dari laut," ujar Jokowi.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...