Jokowi Tunjuk Luhut Pimpin Satgas Percepatan Investasi IKN

Andi M. Arief
15 Mei 2023, 16:54
luhut, jokowi, ikn
Humas Kemenko Marves
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam rapat koordinasi mengenai kelangkaan minyak goreng rakyat, Senin (6/7).

Presiden Joko Widodo menugaskan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B Pandjaitan mengetuai Satuan Tugas Percepatan Investasi Ibu Kota Nusantara (IKN). Satgas tersebut bertugas mempercepat realisasi investasi di IKN.

Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara Bambang Susantono mengatakan penugasan tersebut disampaikan Kepala Negara saat rapat terbatas tentang IKN di Istana Kepresidenan, Jakarta hari ini.

"Bapak Menko Marves akan mengoordinasikan semua lembaga terkait, sehingga proses percepatan investasi di IKN ini bisa berjalan lebih baik," kata Bambang di Kantor Presiden, Senin (15/5).

Jokowi juga menugaskan Badan Otorita IKN untuk membuat Toko Satu Pintu atau One Stop Shop. One Stop Shop akan melayani semua kebutuhan investor yang mau menanamkan uangnya di IKN.

Bambang mencontohkan One Stop Shop tersebut nantinya akan menghadirkan perwakilan dari Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan. Hal tersebut diperlukan untuk menjelaskan berbagai insentif pajak kepada investor.

Langkah tersebut merupakan bentuk percepatan investasi mengingat para investor akan datang langsung ke IKN. Bambang mendata total surat minat investasi yang sudah diterima sampai saat ini mencapai 209 buah.

Menurutnya, 36 dari 209 entitas telah menandatangani surat kerahasiaan atau NDA. Bambang menjelaskan surat tersebut diperlukan lantaran pemerintah dan investor akan melakukan pertukaran data.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...