IKN Akan Miliki Mobil Terbang, Beroperasi Mulai 2024

Nadya Zahira
24 Mei 2023, 21:02
IKN, mobil terbang, hyundai
Sekretariat Presiden/Youtube
Ilustrasi ibu kota baru

Badan Otorita Ibu Kota Negara berencana akan mengusung konsep teknologi canggih di IKN Nusantara. Salah satunya dengan meluncurkan mobil terbang atau yang disebut drone penumpang untuk transportasi umum di IKN.

Deputi Bidang Transportasi Hijau dan Digital Otorita IKN Ali Berawi mengatakan, mobil terbang tersebut memiliki kapasitas untuk 4 penumpang dengan 1 pilot. Jarak tempuh idealnya mencapai 40-50 km, dan kecepatan rata-ratanya bisa mencapai 200 km per jam. 

“Jadi drone penumpang yang sedang didiskusikan oleh temen-teman Hyundai dengan kita. Targetnya bisa berfungsi pada 2024 mendatang,” ujar Ali kepada Katadata.co.id saat ditemui di acara Smartcity, Jakarta, Rabu (24/5).

Dia menilai, adanya drone penumpang sangat perlu  agar IKN bisa terbebas dari polusi udara. Pasalnya, IKN mengusung prinsip bisa menjadi kota yang smart, inklusif, resilience, green, dan sustainable.

Ali memperkirakan tarif drone tersebut akan setara taksi premium bandara.  Namun, dia tidak menyebutkan secara gamblang berapa besaran dari tarif mobil terbang tersebut.

Dia mengatakan, harga produksi mobil terbang tersebut juga tidak semahal helikopter. Dengan begitu, menurutnya mobil terbang itu sangat layak dikembangkan sebagai transportasi umum di Indonesia. 

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...