Bertemu 30 Pengusaha AS, Jokowi Ajak Perangi Ancaman Keamanan Siber

Andi M. Arief
25 Mei 2023, 19:33
jokowi, amerika serikat,, siber
Muchlis Jr/Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan delegasi dari US-ASEAN Business Council (US-ABC) di Istana Kepresidenan Bogor, Provinsi Jawa Barat, Kamis (25/5).

Presiden Joko Widodo menerima Konsil Bisnis Amerika Serikat-ASEAN di Istana Bogor hari ini. Dalam pertemuan, Jokowi mengajak para pengusaha AS menangani ancaman keamanan siber lewat kemitraan.

Pertemuan tersebut juga dihadiri Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, serta Menteri Sekretaris Negara Pratikno. Kepada pengusaha AS yang hadir, Jokowi menilai kemitraan penting dalam menangani ancaman siber mengingat dominasi ekonomi digital saat ini. 

"Di satu sisi pelayanan yang baik dan makin cepat, namun di sisi lain juga keamanan serta integritasnya," kata Sri Mulyani dalam saluran resmi Sekretariat Presiden, Kamis (25/5).

Para pengusaha AS juga menyampaikan hal serupa kepada Jokowi. Mereka khawatir ancaman siber seiring peningkatan peran ekonomi digital di dunia.

Jokowi juga mengatakan Indonesia berada dalam pusat pergolakan geopolitik global. Oleh karena itu, pemerintah mendorong adanya kemitraan dengan semua pihak.

"Ini sesuai dengan tujuan untuk terus meningkatkan ekonomi dan kemandirian kita, namun tetap bekerja sama dengan berbagai negara," kata Sri Mulyani.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...