Jokowi Luncurkan Logo Resmi IKN, Namanya Pohon Hayat

Ameidyo Daud Nasution
30 Mei 2023, 17:27
ikn, jokowi, logo ikn
Youtube/Sekretariat Presiden
Logo IKN bertema Pohon Hayat karya Aulia Akbar. Foto: Youtube/Sekretariat Presiden.

Presiden Joko Widodo resmi meluncurkan logo Ibu Kota Nusantara (IKN) sore ini. Logo yang terpilih adalah Pohon Hayat karya desainer Aulia Akbar.

Logo ini terpilih usai mengalahkan kandidat logo lain dalam voting daring yang digelar pada 4 April 2023 hingga 20 Mei 2023. Logo desain Aulia ini dipilih oleh 133.069 orang atau 26,6% dari total 500.260 pemilih.

"Ini akan menjadi identitas visual IKN," kata Jokowi saat meluncurkan logo IKN di Istana Negara, Jakarta, Selasa (30/5).

Desain ini terinsipirasi dari pohon hayat yang dianggap sumber kehidupan. Lima akar dalam logo melambangkan lima sila Pancasila. Sedangkan tujuh batang dalam logo bermakna tujuh pulau yang ada di Indonesia. Adapun, 17 kembang mekar di atas merupakan simbol tanggal kemerdekaan.

Jokowi berharap logo ini menginspirasi IKN untuk menciptakan kehidupan baru bari masyarakat Indonesia. Ia juga merasa logo ini cocok dengan spirit pembangunan ibu kota baru.

"Rasa bangga akan jati diri bangsa yang besar dan majemuk. Serta menjaga alam," katanya.

Jokowi berharap IKN dapat berkembang seperti kota-kota di negara besar lain. Ia mencontohkan Washington DC di Amerika Serikat dan Canberra di Australia.

"Di kita, ada Jakarta dan ada Nusantara," kata Jokowi.

Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...