Mahfud Tolak Ajakan PKS Jadi Cawapres Anies Baswedan

Andi M. Arief
5 Juni 2023, 17:20
mahfud, anies, pks
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/aww.
Menko Polhukam Mahfud MD menyampaikan pengarahan dalam Rapat Koordinasi Nasional di Jakarta, Senin (29/5/2023).

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD menolak ajakan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menjadi calon wakil presiden Anies Baswedan pada Pilpres 2024. Mahfud menilai kepesertaannya akan memecahkan Koalisi Perubahan.

Partai politik anggota Koalisi Perubahan adalah PKS, Partai Nasional Demokrat, dan Partai Demokrat. Koalisi Perubahan juga bersiap mendukung Anies yang telah diusung Partai Nasdem.

"Saya bilang ke Ketua PKS untuk jaga koalisi. Kalau saya ke dalam, nanti koalisi pecah karena ada yang tidak setuju," kata Mahfud di Istana Kepresidenan, Senin (5/6).

Selain itu, Mahfud beralasan tidak mendukung Anies menjadi calon presiden pada tahun depan. Oleh karena itu, ia mendorong calon wakil presiden Anies merupakan kader dari partai politik anggota Koalisi Perubahan.

Mahfud juga berharap Koalisi Perubahan tak bubar agar demokrasi tetap hidup. Secara khusus, ia meminta PKS untuk menjaga koalisi tidak bubar.

Ia juga berkomitmen untuk menjaga keberlangsungan demokrasi. Makanya Mahfud meminta Presiden PKS Ahmad Syaikhu untuk melaporkan pihak yang ingin memecah belah Koalisi Perubahan.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...