Jokowi Bertemu Anwar Ibrahim, Bahas Pekerja Migran dan Batas Negara

Andi M. Arief
8 Juni 2023, 14:17
jokowi, anwar ibrahim, malaysia
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/rwa.
Presiden Joko Widodo (kanan) berbincang dengan Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim sebelum mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi ke-15 Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (KTT IMT-GT) di Labuan Bajo, NTT, Kamis (11/5/2023). POOL/

Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim bertemu hari ini di Putrajaya, Malaysia. Keduanya membahas beberapa hal dari perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) hingga batas negara. 

Dalam hal pekerja migran, kedua pemimpin sepakat membentuk mekanisme khusus bilateral dalam penyelesaian berbagai masalah PMI. Jokowi juga meminta warga negara Indonesia yang ditahan di Depo Imigrasi Malaysia dapat segera dipulangkan.

Jokowi menekankan agar sistem penempatan PMI di Malaysia atau One Channel System dioptimalkan. "Saya sangat menghargai komitmen Dato Sri Anwar Ibrahim untuk memperkuat perlindungan PMI dan penegakan hukum yang adil," kata Jokowi dalam saluran resmi Buletin TV3, Kamis (8/6).

Sementara itu, Anwar mengatakan salah satu kesepakatan dalam pertemuan tersebut adalah kemudahan masuknya tenaga kerja asing dari Indonesia. Ia akan membantu membangun kawasan Sempadan sungai antara Malaysia dan Indonesia di Pulau Kalimantan.

Sebagai informasi, Sempadan yang dimaksud adalah merupakan garis perbatasan antara Indonesia dan Malaysia. Anwar telah berkomitmen mengalokasikan anggaran senilai 1 miliar Ringgit Malaysia atau sekitar Rp 3,22 triliun untuk mengembangkan kawasan sempadan tersebut.

Anwar mencatat anggara tersebut akan digunakan untuk membangun beberapa infrastruktur di kawasan sempadan, seperti jalan, kantor imigrasi, dan kantor kepabeanan.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...