8 Kesepakatan Hasil Diskusi Jokowi dan Xi Jinping, Salah Satunya IKN

Andi M. Arief
28 Juli 2023, 10:48
jokowi, xi jinping, cina
Youtube/Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo saat bertemu Presiden Cina Xi Jinping di Chengdu, Cina, Kamis (27/7). Foto: Youtube/Sekretariat Presiden.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mencatat ada mengumumkan delapan nota kesepahaman atau MoU dari pertemuan bilateral Presiden Joko Widodo dan Presiden Cina Xi Jinping. Menurutnya, pertemuan bilateral tersebut utamanya membahas penguatan kerja sama ekonomi yang saling menguntungkan.

Retno mencatat nilai perdagangan antara Cina dan Indonesia mencapai US$ 133 miliar pada 2022. Hal tersebut membuat Cina menjadi mitra dagang terbesar Indonesia.

"Beberapa tahun terakhir neraca perdagangan Indonesia-Cina semakin seimbang, bahkan tahun ini Indonesia mulai surplus," kata Retno dalam saluran resmi Sekretariat Presiden, Kamis malam (27/7).

MoU pertama yang diteken oleh Jokowi dan Jinping kemarin adalah terkait kesehatan. Retno menjelaskan MoU tersebut merupakan tindak lanjut dari MoU tahun lalu.

MoU bidang kesehatan kali ini mendorong penguatan kerja sama vaksin genomik dan bioteknologi. Retno menyampaikan kerja sama tersebut bertujuan untuk persiapan menghadapi potensi pandemi baru.

"Termasuk melalui pembangunan pusat bioteknologi di Indonesia," katanya.

Retno mengatakan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin telah menghasilkan sembilan MoU dengan sektor swasta. Perjanjian tersebut diteken setelah Budi bertemu dengan lebih dari 30 pebisnis di bidang kesehatan dalam Indonesia-China Healthcare and Biotech Investment Forum.

Retno menyampaikan MoU yang diraih Menkes Budi terkait transfer teknologi produksi vaksin, vaksin halal, produksi alat diagnostik, dan manajemen sistem informasi kesehatan.

MoU kedua dan ketiga yang diteken Jokowi adalah akses pasar yang lebih besar di Cina bagi produk lokal. MoU kedua adalah protokol pembukaan akses produk pertanian untuk tepung porang, sementara itu MoU ketiga secara khusus pembukaan akses pasar produk pertanian bagi bubuk tabasheer.

Seperti diketahui, bubuk tabasheer adalah bubuk ekstrak bambu. Bubuk tersebut disinyalir memiliki zat antioksidan yang kuat dan dapat melindungi kulit dari sinar ultraviolet.

Adapun, bubuk porang adalah bubuk dari umbi porang. Bubuk tersebut dianggap dapat menjaga kesehatan kulit hingga mencegah penyakit kanker.

Retno menyatakan perjanjian yang termasuk dalam MoU tersebut adalah pembaruan protokol dan peningkatan kuota pasokan sarang burung walet Indonesia ke Cina. "Presiden Jokowi menyambut baik penandatanganan protokol impor Cina dari Indonesia," katanya.

MoU keempat adalah terkait riset dan pengembangan industri budidaya tumbuhan dan budidaya laut. Salah satu klausul nota kesepahaman tersebut adalah penyelesaian protokol pengapalan produk hasil laut Indonesia.

Secara singkat, delapan MoU yang diteken oleh Jokowi dan Jinping kemarin adalah:

1. Plan of Action di bidang kesehatan,
2. Protokol pembukaan akses pasar produk pertanian tepung porang,
3. Protokol pembukaan akses pasar produk pertanian tepung tabasheer,
4. Riset dan pengembangan industri budidaya tanaman dan budidaya laut,
5. Kerja sama saling tukar pengetahuan dan pengalaman dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN)
6. Kerja sama two countries, twin park,
7. Kerja sama ekonomi dan teknis, dan
8. Kerja sama pendidikan Bahasa Mandarin.

Investasi dan Asean

Selain itu, Jokowi dan Xi Jinping membahas beberapa hal lainnya, seperti investasi dan permasalahan regional ASEAN. Di bidang investasi, Presiden menyampaikan minat investasi Cina ke Indonesia cukup besar.

Selain itu, Retno mencatat pertemuan bilateral tersebut membahas isu regional dan global, khususnya terkait Indo-Pasifik. Menurutnya, Jokowi menegaskan semua negara harus menjaga perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran kawasan.

Jokowi mengatakan rivalitas antara kekuatan besar dunia harus dikelola agar tidak menimbulkan konflik yang merugikan kawasan. Beberapa isu mencuat dalam pertemuan tersebut adalah rivalitas Cina dan Amerika Serikat dan negosiasi Laut Cina Selatan.

"Presiden Xi Jinping menyambut baik penyelesaian panduan percepatan negosiasi code of conduct di Laut Cina Selatan," kata Retno.

Jokowi juga mengajak Cina untuk memperjuangkan kepentingan negara berkembang di bidang Sustainable Tropical Forestry and Climate Action. Selain itu, Jokowi mengundang partisipasi Negeri Panda dalam World Water Forum ke-10 pada tahun depan di Bali.

Reporter: Andi M. Arief

Untuk kelima kalinya, Indonesia didapuk menjadi Keketuaan ASEAN. Situasi dunia tahun ini yang belum kondusif tentu menjadi tantangan tersendiri dalam mengemban amanah tersebut. Persaingan kekuatan besar dunia yang meruncing mesti dikelola dengan baik agar konflik terbuka dan perang baru tidak muncul, terutama di Asia Tenggara.

Keketuaan Indonesia juga diharapkan menjadi pintu bagi ASEAN untuk berperan aktif dalam perdamaian dan kemakmuran di kawasan melalui masyarakat ekonomi ASEAN. Untuk itu, Indonesia hendak memperkuat pemulihan ekonomi dan menjadikan Asia Tenggara sebagai mesin pertumbuhan dunia yang berkelanjutan.

Simak selengkapnya di https://katadata.co.id/asean-summit-2023 untuk mengetahui setiap perkembangan dan berbagai infomasi lebih lengkap mengenai KTT Asean 2023.

#KatadataAseanSummit2023 #KalauBicaraPakaiData

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...