Jokowi Bakal Resmikan Jalan Tol Indralaya-Prabumulih Kamis Pekan Ini

Muhamad Fajar Riyandanu
23 Oktober 2023, 15:20
tol, jokowi, tol palembang prabumulih
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/aww.
Foto udara pembangunan proyek jalan tol Trans Sumatera ruas Palembang-Bengkulu Seksi Indralaya-Prabumulih di Indralaya, Ogan Ilir (OI), Sumatera Selatan, Kamis (18/3/2021).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan operasional Jalan Tol Indralaya-Prabumulih pada Kamis, 26 Oktober mendatang. Jalan tol sepanjang 64,5 kilometer (km) itu merupakan Infrastruktur bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera di Sumatera Selatan.

Jalan tol tersebut melewati Kota Palembang, Kabupaten Ogan Ilir, Kabupaten Muara Enim, dan Kota Prabumulih. Pembangunan ruas tol ini sudah dilakukan sejak pertengahan 2019.

"Mungkin hari kamis Presiden Jokowi ke Jalan Tol Indralaya-Prabumulih," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono di Istana Merdeka Jakarta pada Senin (23/10).

Pembangunan jalan tol ini diperkirakan akan mempersingkat waktu tempuh Kota Palembang-Prabumulih menjadi satu jam, atau turun hingga 50% dari sebelumnya.

Jalan Tol Trans Sumatera ruas simpang Indralaya-Prabumulih-Muara Enim ini punya panjang jalan utama 64,5 km, panjang akses 9,8 km, 2×2 lajur, dan dua simpang susun.

Jalan Tol Indralaya - Prabumulih merupakan bagian dari pembangunan Jalan Tol Simpang Indralaya - Muara Enim dengan total panjang mencapai sekitar 119 Km dan terbagi menjadi 2 Seksi. Rinciannya, Seksi 1 Simpang Indralaya - Prabumulih sepanjang 64,5 Km, dan Seksi 2 Prabumulih - Muara Enim sepanjang 54,5 Km.

Jalan tol yang melewati wilayah Kabupaten Ogan Ilir, Kabupaten Muara Enim, dan Kota Prabumulih tersebut dilengkapi dengan 2 Simpang Susun,1 Gerbang Tol, dan 2 rest area Tipe A. Secara keseluruhan, jalan tol yang dirancang dengan kecepatan 100 km per jam dilengkapi dengan 2 simpang susun, dan 18 jembatan.

Adapun Jalan Tol yang dikelola oleh PT Hutama Karya itu telah beroperasi tanpa tarif sejak 30 Agustus 2023 dan siap diresmikan pada Kamis pekan ini.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...