Pemerintah Perbarui Data Penerima Bansos, Jadi Acuan Semua Kementerian

Muhamad Fajar Riyandanu
24 Oktober 2023, 17:17
beras, bansos, jokowi
ANTARA FOTO/Maulana Surya/foc.
Petugas melayani warga penerima manfaat bantuan pangan beras dari pemerintah di Kelurahan Nusukan, Solo, Jawa Tengah, Rabu (18/10/2023).

Pemerintah memperpanjang durasi penyaluran bantuan beras 10 kilogram (kg) hingga akhir Desember 2023. Mereka juga akan memperbarui data registrasi sosial ekonomi (Regsosek) menjadi 78.382.866 jiwa.

Angka tersebut terdiri dari keluarga di 514 kabupaten/kota. Statistik itu bakal menjadi acuan basis data kementerian dan lembaga untuk menyalurkan bantuan sosial.

"Data itu dimanfaatkan untuk keluarga penerima manfaat untuk program Indonesia Pintar, bantuan sembako, BLT desa, bantuan subsidi pupuk, subsidi elpiji, subsidi listrik dan Kartu Prakerja," ujar Menteri Kordinator Bidang  Perekonomian Airlangga Hartarto di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (24/10).

Dari keseluruhan basis data saat ini, tercatat sebanyak 7,94% merupakan penerima Program Indonesia Pintar dan 39,9% untuk program bantuan sembako dan pangan non tunai PKH.

Selain itu, terhitung penerima BLT desa dan bantuan subsisi pupuk sejumlah 13,67% dan 81,67% adalah penerima subsidi elpiji 3 kg. Sedangkan 42% merupakan penerima bantuan subsidi listrik.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...