Daftar 5 Negara Muslim Terbesar di Dunia, Indonesia Nomor Satu

ANTARA FOTO/REUTERS/Saudi Press Agency/Handout /WSJ/dj
Ilustrasi, Mekah
Editor: Agung
2/6/2022, 14.01 WIB

World Population Review merilis daftar negara muslim terbesar di dunia. Muslim merupakan sebutan seseorang yang memeluk Islam. Agama Islam diciptakan di kota Mekah yang berada di arab Saudi.

Agama Islam berkembang pada abad ke-7 Masehi. Perkembangan agama Islam ini menyebar dari Afrika Utara, Afrika Tengah, Timur Tengah, sampai Asia Tenggara.

Menurut World Population Review, Islam menjadi agama terbesar kedua di dunia. Sekitar 1,9 miliar orang memeluk agama Islam. Beberapa negara bahkan hampir 50% penduduknya beragama Islam.

Saat ini, terdapat 50 negara mayoritas muslim di dunia. Pusat penelitian Pew melaporkan, terdapat sekitar 50 negara dengan mayoritas penduduk muslim. Negara muslim ini dihitung berdasarkan perkiraan usia, persentase pertumbuhan populasi, dan wilayah. Berikut daftar negara Islam terbesar di dunia.

Patut diingat, bahwa penyebutan negara muslim terbesar di dunia yang dimaksud, didasarkan pada persentase penduduk yang menganut agama Islam. Tidak semua negara yang masuk dalam daftar negara-negara ini, yang menjadikan agama Islam sebagai dasar negara atau konstitusi berlandaskan agama Islam.

Urutan Negara Muslim Terbesar di Dunia

1. Indonesia

Populasi penduduk yang menganut agama Islam di Indonesia tercatat sekitar 84% atau 229 juta jiwa, menurut nationsonline.org. Mayoritas penduduk muslim di Indonesia adalah Sunni. Ada juga Islam Syiah sebanyak 0,43%. Sementara, agama lain didominasi oleh Kristen.

2. Pakistan

Pakistan berada di urutan kedua negara muslim terbesar di dunia, dengan persentase mencapai 92% atau 202 juta. Agama Islam di Pakistan muncul pada abad ke 7 Masehi. Ketika itu, masyarakat muslim berdagang di pesisir Arab.

3. India

Penduduk India yang menganut agama Islam tercatat sekitar 14% dari total populasi, atau 195 juta. Agama Islam menjadi agama kedua terbesar setelah Hindu. Selain itu, India menjadi negara dengan populasi muslim terbanyak ketiga.

4. Bangladesh

Sebanyak 153 juta orang atau 93% warga Bangladesh beragama Islam. Kebanyakan warga Bangladesh memiliki budaya Islam dan Bengali.

Halaman: