10 Negara Termuda di Dunia Berdasarkan Tahun Kemerdekaannya

Dwi Latifatul Fajri
31 Mei 2022, 12:02
negara termuda di dunia
britannica.com
Ilustrasi, peta Sudan Selatan, yang merupakan negara termuda di dunia

Ada 195 negara yang diakui dunia secara resmi, dan terdaftar menjadi anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Dalam daftar negara-negara yang tergabung dalam PBB tersebut, juga terdapat beberapa negara-negara yang baru terbentuk di era modern.

Negara-negara baru ini masuk dalam jajaran negara termuda di dunia, karena terbentuk pada dekade 1990-an dan 2000-an. Terbentuknya negara-negara baru ini, utamanya karena memisahkan diri dari negara lain. Berikut 10 daftar negara termuda mengutip dari oldest.org.

Negara Termuda di Dunia

1. Sudan Selatan (2011)

Sudan Selatan adalah negara termuda di dunia, yang mendeklarasikan kemerdekaan pada 9 Juli 2011. Kini, negara yang berlokasi di Timur Afrika ini telah diakui sebagai anggota PBB. Sudan Selatan berbatasan dengan Ethiopia, Sudan, dan Republik Afrika Tengah.

Sudan Selatan sebelumnya merupakan bagian dari Sudan, yang memiliki sejarah panjang sebelum merdeka. Menurut sejarah, Sudan diduduki oleh Inggris kemudian Mesir dari 1899 sampai 1956.

Sebelum Sudan Selatan menyatakan kemerdekaan, terjadi dua kali perang saudara di Sudan, yang berlangsung dari 1972 sampai 2005. Kemudian, pada 2005 Sudan Selatan menjadi daerah otonom. Kemerdekaan Sudan Selatan akhirnya diperoleh melalui referendum yang dilakukan pada Januari 2011.

Hasil referendum ini kemudian diratifikasi pada 9 Juli 2011, sekaligus menjadi hari Sudan Selatan sepenuhnya diakui sebagai negara yang berdaulat penuh.

2. Kosovo (2008)

Kosovo adalah negara termuda di dunia peringkat kedua. Secara resmi Republik Kosovo mendeklarasi kemerdekaan pada 17 Februari 2008. Kosovo menjadi negara baru dari negara tetangga Serbia. Meski Serbia tidak mengakui Kosovo sebagai negara berdaulat, sekitar 97 dari 193 negara anggota PBB sudah mengakui Kosovo sebagai negara.

3. Montenegro (2006)

Negara termuda ketiga adalah Montenegro, yang merdeka 2 Juni 2006. Montenegro memutuskan menjadi negara berdaulat setelah berpisah dari Serbia. Sebelumnya Montenegro adalah kerajaan di abad ke-20 dan menjadi bagian Yugoslavia.

Setelah pecahnya Yugoslavia, Montenegro membentuk federasi bersama Serbia. Sampai akhirnya Montenegro mendeklarasikan kemerdekaan.

4. Serbia (2006)

Negara termuda keempat adalah Serbia yang merdeka pada 5 Juni 2006. Serbia mendapatkan kemerdekaan setelah membubarkan konfederasi dengan Montenegro tahun 2006.

Mulai abad ke-16 sampai 19, Serbia menjadi bagian dari kekaisaran Ottoman. Kemudian terjadi revolusi Serbia yang menetapkan negaranya sebagai monarki konstitusional. Ketika Perang Dunia II, Serbia bersama negara Slavia membentuk Yugoslavia.

5. Timor Leste (2002)

Timor Leste dahulu menjadi bagian provinsi Indonesia. Kemudian Timor Leste secara resmi menjadi negara pada 20 Mei 2002. Berdasarkan sejarah Timor Leste dijajah oleh Portugal abad ke-16.

Pasca-Portugal meninggalkan Timor Leste pada 28 November 1975, partai politik terbesar saat itu, yakni Fretilin mendeklarasikan kemerdekaan Timor Leste. Namun, sembilan hari setelah deklarasi kemerdekaan tersebut, Indonesia menginvasi dan kemudian menduduki Timor Leste, serta mendeklarasikan wilayah ini sebagai provinsi ke-27.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...