Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat hingga kini ada 11 perusahaan yang mengakses dokumen lelang blok minyak dan gas bumi (migas) tahun ini. Lelang ini sudah dibuka sejak Februari lalu.

Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar mengatakan 11 perusahaan tersebut mengakses di enam wilayah kerja. "Ada 11 dokumen diakses  untuk 6 wilayah kerja. Jumlah company-nya 11 juga, " kata dia di Jakarta, Senin (27/1).

Menurut Arcandra dari 11 perusahaan itu terdapat perusahaan skala internasional. Namun, ia belum mau merinci nama perusahaan itu, termasuk blok yang diakses.

Seperti diketahui, Kementerian ESDM membuka lelang 26 blok migas sejak Februari lalu. Mekanisme lelang menggunakan penawaran langsung dan reguler.

Untuk penawaran langsung terdiri dari lima blok konvensional, dan dua blok nonkonvensional. Sedangkan lelang reguler terdiri dari 19 blok migas konvensional.

Akses dokumen lelang untuk penawaran langsung berlangsung sejak 19 Februari hingga 27 Maret 2018. Sementara itu, pengajuan dokumennya dimulai sejak 22 Februari hingga 29 Maret 2018. 

Untuk skema lelang reguler, akses dokumen berlangsung mulai 19 Februari hingga 7 Juni 2018, sementara jadwal pengajuan dokumen dimulai sejak 22 Februari sampai 9 Juni 2018. 

(Baca: Petronas Buka Peluang Ikut Lelang Blok Migas Tahun Ini)

Arcandra berharap proses lelang tahun ini akan sesuai jadwal yang sudah ditentukan. "Kami berharap begitu, semoga bisa cepat," kata dia.