PLN: Penerima Subsidi Bisa Akses Token Gratis Lewat Berbagai Cara

ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/foc.
Ilustrasi, warga memasukkan pulsa token listrik di tempat tinggalnya, di Jakarta, Selasa (1/4/2020). PLN menyediakan berbagi saluran layanan agar masyarakat dapat mengklaim token listrik gratis yang diberikan pemerintah untuk pelanggan 450 VA dan diskon 50% tagihan listrik untuk pelanggan 900 VA subsidi.
1/7/2020, 15.34 WIB

Pemerintah memperpanjang jangka waktu pemberian diskon listrik hingga September 2020. Masyarakat yang berhak menerima bantuan dapat mengakses token listrik gratis mulai hari ini, Rabu (1/6).

PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN pun sudah menyiapkan mekanisme pemberian token listrik gratis bagi pelanggan 450 VA, serta diskon tagihan listrik sebesar 50% bagi pelanggan 900 VA subsidi.

Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Bob Saril mengatakan ada beberapa cara yang bisa dipilih masyarakat untuk mendapatkan token listrik gratis. Salah satunya melalui website resmi perusahaan, yaitu www. pln.co.id. Setelah masuk ke dalam website, pelanggan dapat memilih menu pelanggan, kemudian pilih stimulus Covid-19.

Pelanggan akan diminta memasukkan ID pelanggan atau nomor meter listrik. Kemudian, token gratis akan ditampilkan di layar. "Nanti angkanya dimasukkan ke dalam kWh meter," ujar Bob dalam konferensi pers secara virtual pada Rabu (1/7).

(Baca: Kementerian ESDM Jamin Tarif Listrik Tak Naik Hingga Akhir Tahun Ini)

Berikutnya, pelanggan dapat mengklaim token gratis melalui aplikasi WhatsApp PLN di nomor 0812-2123-123. Pelanggan hanya perlu mengirim pesan ke nomor tersebut, lalu mengikuti petunjuk yang sudah ada.

Meski begitu, Bob memberikan opsi bagi masyarakat yang tak dapat mengakses layanan WhatsApp maupun website. Masyarakat bisa mendatangi perangkat daerah terdekat untuk meminta bantuan mendapatkan token listrik gratis.

Menurut dia, PLN telah berkoordinasi dengan pejabat daerah untuk memfasilitasi pelanggan yang tidak dapat mengakses internet. "Para pelanggan tinggal mendatangi aparat desa terdekat dan aparat desa akan log in ke website PLN, ini untuk mekanisme kalau tidak bisa akses (internet)," ujarnya.

Opsi lain yakni pelanggan dapat menghubungi langsung contact center PLN di nomor 123. Pelanggan hanya perlu menyampaikan data yang diperlukan, seperti nomor meter listrik. Opsi terakhir yaitu pelanggan datang langsung ke kantor unit layanan PLN yang tersebar di seluruh Indonesia.

Bob menyatakan PLN siap memfasilitasi pemberian token gratis bagi pelanggan yang langsung datang ke kantor unit layanan. "Pelanggan yang ingin mengklaim (token gratis), bisa pergi ke kantor PLN terdekat," ujarnya.

Reporter: Verda Nano Setiawan