Menteri ESDM Lantik 4 Pejabat Tinggi Baru, Ada Pensiunan Jenderal TNI

KATADATA | Arief Kamaludin
Kementerian ESDM melantik empat pejabat tinggi baru yakni sekjen, Dirjen EBTKE, inspektur jenderal, dan staf ahli.
31/7/2023, 12.03 WIB

Menteri ESDM Arifin Tasrif melantik sejumlah pejabat Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan kementerian ESDM pada Senin (31/7). Pengukuhan yang dilaksanakan di Ruang Sarulla, Gedung Chairul Saleh tersebut bertujuan untuk mengisi jabatan kosong yang ditinggalkan oleh pejabat purna bakti.

Arifin kini menunjuk Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (Dirjen EBTKE) Dadan Kusdiana sebagai Sekretaris Jenderal alias Sekjen Kementerian ESDM. Dia mengisi posisi Sekjen ESDM setelah pejabat terdahulu Rida Mulyana memasuki masa pensiun.

Arifin berharap kepada Dadan untuk mengkoordinir, merangkul, dan memperkuat konsolidasi internal di lingkungan Kementerian ESDM dan pemangku kepentingan sektor ESDM.

"Sektor ESDM saat ini sedang dihadapkan dengan tentangan yang cukup berat. Kasus hukum yang sedang kita hadapi saya minta Sekjen baru dapat mengkoordinir," kata Arifin.

Sementara itu, posisi Dirjen EBTKE kini dijabat oleh Yudo Dwinanda Priaadi yang sebelumnya mengisi posisi Staf Ahli Bidang Perencanaan Direktorat Jenderal EBTKE.

Dia sekarang mendapat amanat untuk langsung terlibat aktif dalam mengawal peran Indonesia di forum internasional G20 India dan Konferensi Perubahan Iklim PBB atau COP 28 yang dilaksanakan di Dubai, Uni Emirat Arab pada Desember 2023.

"Untuk mendapatkan akses yang lebih luas terhadap teknologi energi bersih dan pendanaan murah dari segala sumber pembiayaan untuk pelaksanaan transisi energi," ujar Arifin.

Menteri ESDM juga melantik seorang Purnawirawan Letnan Jenderal TNI Angkatan Laut Bambang Suswantono sebagai Inspektur Jenderal Kementerian ESDM. Dengan jabatan tersebut, Bambang mendapat tugas untuk mengawasi penggunaan anggaran APBN Kementerian ESDM 2023.

Dia juga terikat kewajiban untuk memberikan dukungan dalam penyelesaian kasus-kasus hukum yang terjadi di lingkup Kementerian ESDM. Bambang sebelumnya juga menjabat sebagai Inspektur Jenderal di tubuh TNI masa bakti 2020-2023.

Terakhir, Kementerian ESDM juga melantik Akhmad Syakhroza sebagai Staf Ahli Bidang Ekonomi Sumber Daya Alam. Syakhroza sebelumnya menjabat sebagai Inspektur Jenderal Kementerian ESDM sejak tahun 2018.

Pada kesempatan tersebut, Arifin mengucapkan terima kasih kepada dua pejabat tinggi Kementerian ESDM yang telah memasuki masa pensiun, yakni Rida Mulyana dengan jabatan terakhir sebagai Sekjen dan Ridwan Djamaluddin dengan jabatan terakhir sebagai Dirjen Minerba. "Selamat menikmati purnabakti bersama keluarga dan semoga selalu diberikan kesehatan," ujar Arifin.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu