Tiga Strategi Kunci Pertamina Lubricant Perluas Pangsa Pasar di Afrika

Pertamina
Pertamina Lubricant menggandeng Petro Product Company untuk menjual dan mamasarkan pelumas di Bangladesh.
Penulis: Lavinda
8/9/2023, 11.03 WIB

PT Pertamina Lubricants, anak usaha bidang komersial dan perdagangan Grup Pertamina, berambisi meningkatkan pangsa pasar di Benua Afrika dengan tiga strategi kunci.

VP Sales Overseas Pertamina Lubricants Syafaat Jajuli menjelaskan ketiga strategi yang dimaksud antara lain: Pertama, mengembangkan kemitraan strategis dengan beberapa jaringan toko suku cadang yang memiliki ratusan cabang di seluruh wilayah Afrika.

Kedua, membangun jaringan bengkel saluran pribadi Pertamina Lubricant. Ketiga, melakukan aktivitas pemberian sponsor ke beberapa acara terkait produk Pertamina Lubricant.

"Kami melakukan sponsorship ke berbagai acara motorsport di Killarney International Raceway yang kerap menjadi area balap motocross, karting, drag race dan truck race,” ujar Syafaat dalam keterangan tertulis, Jumat (8/9).

Berdasarkan laporan Mordor Intelligence, potensi pertumbuhan industri oli di Afrika masih tinggi dan diprediksikan akan meningkat 4% atau naik menjadi 1.24 miliar liter pada tahun 2026.

Untuk itu, Syafaat menjelaskan strategi untuk masuk ke pasar Afrika merupakan bagian dari rencana jangka panjang Pertamina Lubricants dalam pengembangan pasar regional. Salah satunya dengan membangun hubungan distributor yang kuat melalui country distributor Indolube Pty Ltd.

Halaman: