Kementerian ESDM Luncurkan Situs Energi Terbarukan

ANTARA FOTO/Fauzan/YU
Ilustrasi, petugas melakukan perawatan panel surya di PLTS Terapung Cirata, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Sabtu (16/3/2024).
Penulis: Agung Jatmiko
7/7/2024, 13.01 WIB

Untuk mendorong minat generasi muda di bidang energi terbarukan, Kementerian ESDM meluncurkan situs Renewable Energy Indonesia (REI), yakni https://renewableenergy.id.

Situs energi terbarukan tersebut, diluncurkan oleh Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE) Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) ESDM, yang bekerja sama dengan proyek Renewable Energy Skills Development (RESD).

Dalam keterangan resmi, Kepala PPSDM KEBTKE Susetyo Edi Prabowo mengatakan, situs REI bertujuan memperkuat ekosistem energi terbarukan di Indonesia dengan menyajikan informasi sektor tersebut.

"Termasuk, lowongan pekerjaan, direktori perusahaan dan lembaga pendidikan, pelatihan, sertifikasi energi terbarukan, dan learning hub untuk mendalami berbagai aspek teknis maupun kebijakan terkait energi terbarukan," kata Susetyo, dalam keterangan resmi, Minggu (7/7).

Ia menjelaskan, situs ini diluncurkan untuk mendorong peran generasi muda untuk turut andil dalam memperluas dan mempercepat bauran energi terbarukan.

Menurutnya, situs REI menjadi one-stop-platform untuk meningkatkan minat generasi muda dan publik secara umum dalam transisi energi. Selain itu, melalui situs ini para pencari kerja juga dapat berlangganan informasi lowongan pekerjaan di sektor renewable energy secara gratis.

Adapun, proyek RESD merupakan kerja sama pembangunan antara Pemerintah Indonesia melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Energi dan Sumber Daya Mineral (BPSDM ESDM) dan Pemerintah Swiss melalui State Secretariat for Economic Affairs atau SECO. Tujuannya, adalah menciptakan tenaga kerja yang kompeten di sektor energi terbarukan Indonesia.

Susetyo mengatakan, dengan partisipasi generasi muda, civitas academica, pelaku industri energi terbarukan, dan masyarakat umum sebagai sasaran utama pengguna platform REI, diharapkan tercipta dampak yang lebih luas dalam mendukung transisi energi Indonesia menuju era energi bersih dan berkelanjutan.