Maskapai AirAsia meluncurkan tiga rute domestik terbaru mulai Juli 2022. Rute tersebut adalah Balikpapan-Bali, Medan-Bali dan Medan-Bandung PP untuk perjalanan mulai Juli 2022.
“Kami sangat bersemangat membuka rute langsung Medan-Bali, Balikpapan-Bali, dan Medan-Bandung" kata Direktur utama AirAsia Indonesia, Veranita Yosephine, dalam keterangannya, Senin (13/6).
"Keempat destinasi ini merupakan kota-kota yang memiliki wisata dengan panorama indah dan begitu banyak kekayaan alam yang menjadi daya tarik wisatawan mancanegara. Hal ini pula yang mendorong kami untuk terus berupaya mengoptimalkan penyediaan aksesibilitas konektivitas udara seiring dengan semakin kondusifnya situasi pandemi di Indonesia," kata dia.
Vera mengatakan, peluncuran ketiga rute ini merupakan momentum yang signifikan bagi AirAsia. Dia berharap, ketiga rute ini akan mendorong kunjungan dari dan antar wilayah Bali, Sumatera Utara, Kalimantan Timur dan Jawa Barat melalui konektivitas yang ditawarkan.
Rute Medan-Bali adalah rute baru AirAsia yang akan membuka konektivitas langsung antara Bali dan Medan untuk pertama kalinya setelah pandemi. Rute ini diharapkan mempermudah wisatawan mancanegara yang berada di Bali untuk dapat juga berkunjung ke Sumatera Utara dan menjelajahi berbagai destinasi unggulannya seperti Danau Toba, Bukit Lawang dan Pulau Nias, atau lanjut ke Banda Aceh melalui Kualanamu.
Selain itu, Rute Medan-Bandung akan kembali hadir untuk melayani warga di kedua kota untuk mempermudah para mahasiswa kembali ke kampus menyambut tahun ajaran baru. Hal ini seiring pemberlakuan pembelajaran tatap muka di berbagai kampus utama di Bandung dan sekitarnya.
Di sisi lain, AirAsia menambah destinasi Balikpapan ke dalam jaringannya dan merupakan destinasi AirAsia ke 15 yang dibuka kembali di Indonesia. Pelanggan AirAsia di Balikpapan nantinya dapat terhubung langsung ke Bali atau lanjut ke berbagai destinasi internasional yang terkoneksi dengan Bali seperti Perth, Bangkok, Kuala Lumpur, dan Singapura.
“Tentunya kami berharap dengan pengembangan konektivitas destinasi pariwisata ini dapat menjadi langkah positif pergerakan ekonomi di wilayah Bali, Balikpapan, Bandung, Medan dan sekitarnya. Kami juga berharap dengan adanya rute yang menghubungkan antar kota favorit ini dapat mempermudah wisatawan untuk menjelajahi potensi wisata yang belum sepenuhnya terjamah. Sehingga perlahan ekonomi kita bangkit dan bertumbuh.”
Ia berharap, antusiasme masyarakat terhadap rute ini terus meningkat sehingga pihaknya secara berkesinambungan dapat menambah frekuensinya atau membuka rute di destinasi lainnya di Indonesia.
Maskapai penerbangan berbiaya rendah (low-cost airline) AirAsia tercatat memiliki sejumlah pangsa pasar di kawasan Asia. Salah satunya yakni Indonesia. Menurut laporan Statista, pangsa pasar AirAsia di Indonesia sebesar 4% pada 2020. Angka ini menempatkan Indonesia berada di urutan terbawah pangsa pasar maskapai asal Malaysia ini.