Terowongan Tol Bawah Laut di IKN Dibangun Mulai 2024

ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/rwa.
Pekerja menggunakan alat berat mengerjakan proyek pembangunan tol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara segmen KKT Kariangau-Simpang Tempadung di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (23/2/2023). Pembangunan jalan tol yang menghubungkan Balikpapan dengan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN Nusantara tersebut diharapkan mampu mempersingkat jarat tempuh dari dua jam menjadi 30 menit dan ditargetkan rampung pada akhir tahun 2024.
16/5/2023, 11.14 WIB

Proyek Immersed Tunnel Teluk Balikpapan atau terowongan tol bawah laut di Ibu Kota Nusantara atau IKN ditargetkan siap dibangun pada 2024.

Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis Hidayat Sumadilaga, mengatakan, pembangunan terowongan tol bawah laut di IKN tersebut saat ini sedang dalam tahap studi kelayakan atau feasibility study atau FS dan pengerjaan desain dasar.

"Kita sedang selesaikan FS dan juga nanti basic design-nya. Tahun ini lah, teman-teman dari Bina Marga sedang selesaikan," ujar Danis kepada awak media melalui sambungan Zoom, Senin (15/5)

Danis menyampaikan, proyek terowongan tol bawah laut itu baru bisa segera dibangun pada tahun depan. Terowongan tol bawah laut tersebut nantinya bisa dilalui oleh kendaraan.

Jaga Kawasan Hutan Lindung

Berdasarkan catatan Badan Pengatur Jalan Tol , terowongan bawah air itu akan dikoneksikan dengan jalan tol Balikpapan-Samarinda. Terowongan itu akan menghubungkan daratan yang dipisahkan oleh sungai.

Juru Bicara Kementerian PUPR, Endra S. Atmawidjaja, mengatakan bahwa rencana pembangunan tol bawah air tersebut bertujuan untuk menjaga kawasan area hutan lindung di sekitar IKN.

"Jadi kita tidak mau area lindung itu dirusak, kemudian juga terdapat area rawa di sekitarnya. Sehingga akses konektivitas jalannya melalui tol bawah air," kata Endra

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira