Harga Beras Berdasarkan Jenisnya yang Beredar di Pasar

ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/nz
Ilustrasi. Rata-rata harga beras medium tertinggi berada di Papua Barat Rp 15.550 per kg, sedangkan terendah di Rp 12.090 per kg
Penulis: Agustiyanti
11/10/2023, 16.03 WIB

Rata-rata harga beras medium secara nasional turun pada hari ini (11/10) meski masih tinggi, mencapai Rp 13.170 per kg. Rata-rata harga beras premium secara nasional juga turun menjadi Rp 14.900 per kg. 

Berdasarkan data Badan Pangan Nasional, rata-rata harga beras medium tertinggi berada di Papua Barat Rp 15.550 per kg, sedangkan terendah di Rp 12.090 per kg. Sementara rata-rata harga beras premium tertinggi juga berada di Papua Barat Rp 18.370 per kg, sedangkan terendah di Sulawesi Selatan Rp 13.960 per kg. 

Pemerintah telah menyiapkan sejumlah strategi untuk menekan harga beras yang masih tinggi meski sempa menurun. Plt Menteri Pertanian Arief Prasetyo Adi menjelaskan, salah satu caranya adalah menggelontorkan beras komersial milik Perum Bulog ke penggiling padi. 

Arief menjelaskan, beras komersial Bulog tersebut pada akhirnya akan kembali dijual secara komersial oleh perusahaan penggiling padi. Selain menekan harga beras, Arief menilai strategi tersebut dapat mempercepat distribusi beras di lapangan.

"Jadi, Pak Presiden sampaikan. sebaiknya stoknya itu tidak di gudang Bulog, tapi dilepas ke pasar secepatnya," kata Arief dalam keterangan resmi, Selasa (10/10).

Adapun Perum Bulog memiliki dua jenis beras, yakni Cadangan Beras Pemerintah dan beras komersial. CBP adalah beras yang dibeli Bulog berdasarkan Harga Pembelian Pemerintah dan dilepas untuk stabilisasi pasar. Sementara itu, beras komersial adalah beras yang dibeli dan dijual dengan harga komersil. Pembelian beras komersial oleh Bulog umumnya bertujuan untuk mendapatkan keuntungan.

Arief menekankan, proses distribusi beras ke pasar terus dilakukan. Ia berpendapat kegiatan tersebut akhirnya dapat menyeimbangkan harga gabah petani dan harga beras di tingkat konsumen. "Yang pasti akan ada tambahan importasi dan produksi dalam negeri. Nanti kita lihat sama-sama karena baru sampai November," katanya.

Harga beras di pasar bervariasi tak hanya bergantung pada wilayah tetapi juga jenisnya. Berikut daftar harga beras berdasarkan jenisnya yang dijual di e-commerce dan minimarket sekitar Jabodetabek:

  • Harga Beras Setra Ramos 

Setra ramos adalah merek yang digunakan untuk padi jenis IR 64. Jenis padi ini merupakan yang paling populer di Indonesia karena paling banyak ditanam oleh petani di Indonesia. Harga beras Setra Ramos bervarasi tergantung pada wilayah, merek, dan toko tempat membeli.

Pada toko iPangandotcom yang dimiliki Bulog di Tokpedia , harga beras Premium Cap Topi Koki Setra Ramos dibanderol Rp  73.000 per 5 kg atau Rp 14.600 per kg. Namun, harga tersebut adalah harga diskon dari harga sebelumnya Rp 89.500 atau Rp 17.900 per kg. Beras Setra Ramos lainnya, yakni merek Befood dijual di harga Rp 79.000 per 5 kg atau Rp 15.800 per kg setelah didikson dari harga Rp 88.500 per 5 kg atau Rp 17.700 per kg. Kedua harga beras tersebut hanya untuk pengantaran Jakarta. 

Sementara itu, pada situs  PT. Food Station Tjipinang Jaya, harga beras setra ramos dbandrol lebih murah yakni Rp 69.500 per 5kg. Beras Setra Ramos juga dijual dengan harga serupa di Alfamart dan Indomaret.