Penjelasan Bos Garuda Indonesia soal Pilih Kursi Kena Biaya Tambahan

Katadata/ Wahyu Dwi Jayanto
Garuda Indonesia.
Penulis: Agustiyanti
26/10/2024, 07.00 WIB

PT Garuda Indonesia Tbk mengenakan biaya tambahan bagi penumpang yang ingin memilih kursi penerbangan mulai hari ini, Sabtu (26/10). Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra menjelaskan, tambahan biaya untuk pemilihan kursi ini merupakan program promosi khusus untuk memberikan fleksibilitas tambahan bagi penumpang. 

"Program Seat Selection rencananya mulai diimplementasikan pada 26 Oktober 2024. Saat ini terus kami komunikasikan secara intensif bersama stakeholder," ujar Irfan dalam siaran pers, Jumat (25/10).

Melalui program ini, menurut dia, para pemegang tiket kelas Eco Promo Eco Affordable berkesempatan untuk memilih kursi favorit mereka dengan legroom lebih luas di area barus pertama dan kursi di pintu darurat dengan biaya mulai Rp 199 ribu. Mereka juga dapat memilih kursi reguler mulai Rp 85 ribu. 

Meski demikian, Irfan menegaskan bahwa penumpang tetap dapat memilih kursi penerbangan tanpa tambahan biaya ketika melakukan check in, yakni 48 jam sebelum jadwal keberangan. 

"Bagi para pengguna jasa kelas ekonomi yang tergabung ke dalam keanggotaan GarudaMiles Platinum, SkyTeam Elite Plus, maupun pemegang tiket kelas Eco Comfort dapat memilih kursi pilihan tanpa tambahan biaya apapun," kata dia 

Irfan pun menegaskan bahwa pihaknya akan memastikan aspek keselamatan dan keamanan penerbangan pada program fleksibilitas pemilihan kursi. Ketentuan pengguna jasa yang dapat duduk pada seat / area seat yang dipilih telah mengacu kepada standardisasi dan regulasi keamanan operasional penerbangan yang berlaku.

Garuda Indonesia sebelumnya mengumumkan kebijakan program pemilihan kursi yang berlaku mulai 26 Oktober, sebagai berikut:

Adapun kebijakan baru terkait pemilihan kursi Garuda Indonesia memiliki beberapa ketentuan sebagai berikut:

Kategori PenumpangPilihan Kursi
Extra Legroom SeatRegular Seat
GarudaMiles Platinum atau SkyTeam Elite Plus (All Economy Class)
Economy Comfort (1)
Economy Affordable (2)Dengan biaya tambahan
Economy Promo (3)Dengan biaya tambahanDengan biaya tambahan
Prioritas (All Economy Class) (4)
Kategori PenumpangDurasi Penerbangan
≤ 2 jam≥ 2 jam
GarudaMiles Platinum atau SkyTeam Elite Plus (All Economy Class)Tanpa biaya tambahanTanpa biaya tambahan
Economy Comfort (1)Tanpa biaya tambahanTanpa biaya tambahan
Economy Affordable (2)IDR 199.000IDR 249.000
Economy Promo (3)IDR 199.000IDR 249.000
Prioritas (All Economy Class) (4)Tanpa biaya tambahanTanpa biaya tambahan