Daftar Gurun Terluas di Dunia, Selain Gurun Sahara

safarisafricana.com
Gurun Pasir Terluas di Dunia adalah Sahara
Editor: Intan
10/2/2022, 18.01 WIB

Tahukah Anda, sepertiga tanah di permukaan bumi adalah gurun. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), gurun adalah padang luas yang tandus dan padang pasir.

Tak hanya gurun pasir, ada empat jenis gurun berdasarkan letak geografi, yaitu gurun kutub, gurun subtropis, gurun pantai, dan gurun musim dingin.

Gurun pasir terluas di dunia adalah Gurun Sahara, yang berada di Afrika bagian utara. Luas Gurun Sahara mencapai 9,2 juta kilometer persegi, dengan panjang 4.800 meter. Gurun Sahara masuk dalam gurun subtropis terbesar di dunia. Gurun ini terbentuk jutaan tahun lalu.

Sedangkan gurun terluas di Benua Eropa adalah Olesky Sands, di Ukraina. Gurun ini memiliki luas 161,2 kilometer persegi, lebih kecil dibanding Gurun Sahara, Gobi, dan Karakum di Asia dan Afrika. Meski berukuran lebih kecil, gurun pasir ini destinasi masyarakat di Eropa.

Mengutip dari Cheapflights.co.uk, gurun pasir di Eropa lainnya yaitu Piscina Dunes (Italia), Gurun Tabernas (Spanyol), Highlands of Iceland (Islandia), Gurun Bledow (Polandia), Gurun Accona (Italia), dan Bardenas Reales (Spanyol).

Gurun Terluas Di Dunia

1. Gurun Antartika

Gurun Antartika (safarisafricana.com)

Mengutip laman Safarisafricana.com, Gurun Antartika adalah gurun terluas di dunia, termasuk daratan Antartika. Luas gurun mencapai 14 juta kilometer persegi. Gurun kutub ini berada di Kutub Selatan, yang sebagian besar tertutupi es.

Gurun Antartika menjadi benua terdingin, terkering, dan paling berangin. Gurun ini mendapatkan curah hujan tahunan di pesisir pantai. Tetapi, tetesan air berubah menjadi salju dan es kecil.

2. Gurun Arktik

Gurun terluas di dunia selanjutnya adalah Gurun Arktik, yang memiliki luas mencapai 13,98 juta kilometer persegi. Gurun ini berada di bagian utara Norwegia dan Rusia, yang membentuk pulau. Gurun Arktik masuk dalam gurun kutub seperti Gurun Antartika.

3. Gurun Sahara

Luas Gurun Sahara sekitar 9,2 juta kilometer persegi. Gurun ini masuk dalam gurun pasir terpanjang dan terbesar di dunia. Luas gurun mencakup 25 % benua Afrika. Adapun salah satu gurun terluas di dunia ini membentang dari Aljazair, Chad, Mesir, Libya, Mali, Maroko, Mauritania, Niger, Sahara Barat, Sudan, dan Tunisia.

4. Gurun Australia

Luas gurun mencapai 2,7 juta kilometer persegi. Gurun Australia ini berada di peringkat keempat gurun terluas di dunia. Di mana, luas gurun tersebut mencakup 18 % dari luas benua Australia.

5. Gurun Arabia

Berada di Timur Tengah, luas Gurun Arabia sekitar 2,3 juta kilometer persegi. Gurun Arabia masuk daftar lima besar gurun terluas di Eurasia dan terbesar di dunia.

6. Gurun Gobi

Gurun Gobi adalah gurun pasir terbesar di Asia Timur. Gurun ini membentang dari Cina Utara hingga Mongolia Selatan. Gurun ini memiliki luas 1,29 juta kilometer persegi.

Gurun Gobi (safarisafricana.com)

7. Gurun Kalahari

Luas Gurun Kalahari sekitar 900 ribu kilometer persegi. Letaknya berada di tiga negara di Afrika Selatan, yaitu Botswana, Namibia, dan Afrika Selatan. Nama gurun diambil dari Tswana Kgala, artinya haus yang besar. Gurun ini punya curah hujan sedikit, sehingga tandus dan gersang.

8. Gurun Patagonia

Gurun Patagonia berada di Argentina, di benua Amerika. Gurun ini memiliki luas 620 ribu kilometer persegi. Patagonia menjadi rumah bagi hewan yang beradaptasi di gurun seperti rubah, ilama, dan armadillo. Gurun Patagonia sendiri terdiri dari semak berbatu dan semak berduri. Di musim dingin, sebagian gurun bakal tertutup salju.

9. Gurun Syria

Luas Gurun Syria sekitar 520 ribu kilometer persegi, di Timur Tengah. Gurun Syria termasuk gurun subtropis kesembilan terbesar di dunia. Gurun ini terdiri dari pasir, batu, dan sungai kering.

10. Great Basin

Great Basin (safarisafricana.com)

Gurun terbesar di Amerika Serikat ini memiliki luas 492 ribu kilometer persegi. Great Basin membentang dari Sierra Nevada dan pegunungan Wasatch. Di bagian tengah gurun ada Taman Nasional Great Basin untuk wisata alam