7 Benua Terluas di Permukaan Bumi Berdasarkan Luas Wilayah

Dwi Latifatul Fajri
21 Desember 2021, 08:09
Benua terluas di permukaan bumi
pixabay.com/wikilmages

Benua adalah daratan besar di bumi yang memiliki ukuran dari besar dan kecil. Dalam satu benua terdiri dari berbagai negara berdasarkan luas wilayah.

Ratusan juta tahun yang lalu bumi hanya memiliki satu benua raksasa yang disebut Pangea. Karena pergerakan lempeng tektonik dalam bumi, terjadi perubahan dan pergerakan lempeng sehingga mengubah benua di masa depan.

Para ahli memperkirakan Amerika Utara menjauh dari benua Amerika Selatan. Kemudian terjadi pergerakan yang membuat benua baru di permukaan bumi.

Ada 7 benua utama di bumi berdasarkan luas permukaannya yaitu benua Afrika, Amerika Utara, Amerika Selatan, Eropa, Antartika, Australia, dan Asia.

Ahli geografi melakukan identifikasi tentang benua. Tidak hanya daratan, benua juga dihitung dari pulau yang berkaitan di dekatnya. Contohnya negara kepulauan Jepang dan Indonesia masuk dalam benua Asia. Sementara itu Greenland dan pulau di laut Karibia masuk dalam benua Amerika Utara.

Pada umumnya, benua adalah daratan yang saling terhubung satu sama lain. Beberapa orang menghubungkan benua Eropa dan Asia menjadi satu benua Eurasia. Namun para ahli membedakan benua berdasarkan lempeng yang ada di bawahnya.

Mengutip dari livescience.com, benua Eropa dan Afrika memiliki satu massa. Sedangkan benua Asia ditandai oleh lempeng dan pegunungan Ural. Pegunungan ini yang memisahkan benua Asia dan Eropa.

Urutan Benua Terluas

Benua Asia

Benua terluas di permukaan bumi adalah benua Asia. Benua ini memiliki garis pantai terpanjang dibandingkan benua lain. Benua dihitung dari landasan kontinen, yaitu daerah landai yang memanjang keluar dari pantai menuju laut.

Benua terluas di dunia ini membentang sepanjang 17,2 juta mil persegi. Ahli geografi menjelaskan jika benua Eropa dan Asia sebenarnya masih satu daratan yang disebut Eurasia. Karena perbedaan dari bahasa dan suku, maka benua Asia dan Eropa berada di wilayah berbeda.

Para ahli menemukan garis imajiner yaitu pegunungan Ural yang berada di utara Rusia ke selatan Kaspia dan Laut Hitam. Garis tersebut memisahkan antara Eropa di barat dan Asia ke timur.

Benua terluas di dunia adalah Asia yang tersebar dari Laut Mediterania bagian timur sampai Samudra Pasifik di bagian barat.
Benua Asia memiliki 40 negara yang penduduknya masuk dalam wilayah terpadat di dunia. Negara terpadat di tempat oleh Cina, India, dan Indonesia.

Mengutip nationalgeographic.org, sebanyak 60% penduduk di dunia tinggal di benua Asia. Sebagian besar orang Asia tinggal di daerah pedesaan dekat dengan sungai dan wilayah pantai.

Benua Asia mencakup negara kepulauan besar seperti Filipina, Indonesia, Jepang, dan Taiwan.

Benua Asia punya gunung tertinggi di dunia seperti gunung Everest. Selain gunung ada lempeng tektonik yang mendorong pergerakan lempeng di bumi.

Benua Afrika

Benua Afrika berada di urutan kedua benua terluas di bumi. Gurun Sahara merupakan gurun terbesar dan terpanas di dunia, letaknya da di Afrika Utara.

Benua Afrika memiliki sungai Nil sebagai sumber kehidupan dan transportasi negara di Afrika. Benua Afrika sebagian besar terdiri dari gurun kering dan cuaca panas.

Di bagian tengah benua ada sabana dan hutan berumput datar yang menjadi rumah untuk hewan liar. Sebagian besar wilayah Afrika merupakan dataran rendah, bukit, dan pegunungan.

Sebanyak 56 negara ada di benua Afrika yang mewakili populasi sebanyak 14% di dunia.

Benua Amerika Utara

Benua terluas ketiga di bumi adalah Amerika Utara. Wilayah benua ini terbentang dari Kepulauan Aleutian kecil sampai Tanah Genting panama di Selatan. Greenland termasuk pulau besar di Amerika Utara.

Pulau terbesar di dunia, Greenland adalah satu-satunya tempat selain benua Antartika yang dilapisi es. Luas wilayah Amerika Utara sepanjang 9,4 juta mil persegi.

Benua Amerika Utara punya hutan tropis dan iklim yang berbeda seperti benua lain. Negara di Amerika Utara terdiri dari Kanada, Amerika Serikat, kepulauan Hawaii, dan kepulauan kecil di laut Karibia.

Benua Amerika Selatan

Benua terluas di dunia keempat adalah Amerika Selatan. Benua ini berbatasan dengan Tanah Genting Panama di Amerika Utara. Benua ini terbentang dari Laut Karibia sampai wilayah dekat Antartika.

Amerika Selatan punya air terjun tertinggi di dunia yaitu Angel Falls yang ada di Venezuela. Ada juga sungai Amazon sungai panjang yang melewati sebagian besar wilayah Amerika Selatan.

Benua Antartika

Berbeda dengan benua lain yang banyak ditinggali, benua Antartika hampir tak ada penduduk. Benua ini berukuran 5,5 juta mil persegi. Sebagian besar benua ini ditutupi oleh lapisan es.

Peneliti akan tinggal d benua ini selama musim tertentu untuk melakukan penelitian. Benua Antartika memiliki daerah kering, berangin, dan paling dingin dibandingkan dengan benua lain.

Benua Eropa

Benua Eropa masuk daerah urutan keenam. Benua ini menempati urutan ketiga penduduk terbanyak di dunia. Eropa mewakili 7% daratan di dunia.

Luas wilayah benua Eropa lebih besar sedikit dari negara Kanada. Sebanyak 40 negara besar di dunia ada di Rusia. Benua Eropa berbatasan langsung dengan benua Asia.

Perbatasan benua Eropa adalah Samudra Arktik, Laut Tengah, dan Laut Hitam.

Benua Australia

Benua Australia adalah benua paling kecil daripada yang lain. Luas wilayahnya mencakup pulau-pulau kecil di Samudra Pasifik seperti Melanesia, Mikronesia, dan Polinesia.

Sementara benua sendiri mencakup wilayah pulau besar seperti Papua Nugini dan Selandia baru. Benua Australia memiliki dataran tinggi dan curah hujan tinggi. Beberapa wilayah terdiri dari daratan kering dan tandus.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait