3 Cara Membuat Tanda Tangan Digital PDF

Startup Stock Photos/Pexels
Ilustrasi, cara membuat tanda tangan digital PDF.
Penulis: Husen Mulachela
Editor: Agung
12/4/2022, 14.39 WIB

Di tengah maraknya digitalisasi, tanda tangan digital pun semakin dibutuhkan. Tanda tangan format digital sering digunakan ketika membuat suatu dokumen melalui software.

Di antara sekian software yang banyak digunakan untuk keperluan surat-menyurat, Adobe PDF jadi salah satu yang populer. Artinya, ada kemungkinan pengguna software ini memerlukan tanda tangan digital untuk melengkapi surat mereka.

Cara Membuat Tanda Tangan Digital PDF

Untuk menyematkan tanda tangan digital pada dokumen berformat PDF bisa dilakukan dengan mudah dan tersedia dalam berbagai cara. Berikut cara membuat tanda tangan digital PDF:

1. Melalui Aplikasi PDF X

Untuk membubuhkan tanda tangan pada file PDF bisa melalui aplikasi PDF X yang bisa diakses dengan mudah dan tidak berbayar. Ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi PDF reader.
  • Ketuk ikon File.
  • Klik Open dan pilih file yang ingin diberi tanda tangan.
  • Selanjutnya, pilih menu Annotate.
  • Klik Signature.
  • Pilih Write atau Picture pada menu Create Signature.
  • Pilih Write untuk tanda tangan di PDF secara manual, atau pilih Picture jika memiliki gambar dari tanda tangan.
  • Klik Ok.
  • Sesuaikan ukuran dan posisi tanda tangan.
  • Klik Save As pada dokumn untuk menyimpan perubahan.

2. Melalui Signwell

Signwell memiliki fitur untuk membuat tanda tangan digital, termasuk untuk file PDF. Caranya;

  • Buka website Signwell dengan mengetik https://www.signwell.com/ pada halaman pencarian.
  • Login atau sign up dengan akun Google.
  • Ketik nama user, kemudian lanjutkan.
  • Pilih fitur Signature.
  • Buatlah tanda tangan.
  • Klik Delete untuk menghapus.
  • Ketuk kotak hijau untuk mengubah ukuran tanda tangan.
  • Klik Save AS.
  • Pada tab baru, klik logo Unduh.

3. Melalui Adobe Acrobat Reader

Adobe Acrobat Reader termasuk software yang paling populer untuk membuat tanda tangan digital. Caranya pun cukup mudah, yaitu:

  • Pertama-tama buka dokumen PDF yang hendak ditandatangani lewat Adobe Acrobat Reader. Caranya, klik File lalu Open. Kemudian pilih dokumen PDF-nya.
  • Setelah dokumen terbuka, klik Fill & Sign yang berada di toolbar kanan atau tekan Shift + F4.
  • Pilih Sign, kemudian klik Add Signature.
  • Selanjutnya, akan muncul pop up yang memberikan tiga opsi, yakni type, draw, dan image. Type digunakan untuk mengetik nama, kemudian mengubahnya menjadi tanda tangan. Draw digunakan untuk menggambar tanda tangan dengan mouse, touchpad, dan sebagainya. Sedangkan, Image digunakan untuk memilih file tanda tangan yang sudah pernah dibuat sebelumnya.
  • Sesuaikan posisi dan ukuran tanda tangan.
  • Terakhir, simpan file yang sudah dibubuhi tanda tangan.

Selain membubuhkan tanda tangan, berikut beberapa hal penting lainnya yang perlu diketahui tentang format PDF.

Cara Edit Tulisan di PDF

Selain bisa digunakan untuk membaca file PDF, Adobe Reader ternyata juga bisa digunakan untuk mengedit file PDF. Berikut ini cara edit tulisan di PDF dengan menggunakan aplikasi Adobe Reader dengan mudah dan cepat:

  • Pastikan Anda sudah memiliki aplikasi ini di laptop atau komputer yang anda gunakan.
  • Buka aplikasi Adobe Reader.
  • Buka file PDF yang hendak diedit dengan cara klik menu "My Computer" kemudian cari file PDF yang akan diedit.
  • Setelah file dibuka, Anda bisa langsung klik "Edit PDF" yang biasanya ada di kanan atas.
  • Selanjutnya Anda bisa langsung mengedit bagian file yang hendak diubah. Misalnya Anda ingin menghapus tulisan yang ada di PDF tersebut atau menambahkan tulisan, juga bisa dilakukan di sini.
  • Ketika proses editing selesai, Anda bisa langsung menyimpannya dengan klik "Save As", beri nama file kemudian simpan di folder yang anda inginkan. Atau Anda juga bisa klik CTRL dan S secara bersamaan pada keyboard untuk menyimpan file dengan nama dan di tempat yang sama.

Cara Ubah File Word ke PDF

Mengubah file Ms.Word ke PDF bisa dilakukan dengan mudah. Pertama-tama, buka dokumen Word yang hendak Anda ubah formatnya. Lalu, klik tab "File" yang terletak di pojok kiri.

Setelah itu, klik menu "Save As" dan tentukan folder untuk menyimpan dokumen tersebut.

Pada bagian bawah nama dokumen, Anda bisa pilih menu "Save As Type". Pada menu ini, cari format PDF. Jika sudah, klik "Save". Dokumen akan tersimpan secara otomatis dalam format PDF.

Cara Memperkecil Ukuran PDF

Untuk memperkecil ukuran PDF bisa dilakukan lewat Adobe Acrobat dengan cara sebagai berikut:

  • Buka laman Adobe Acrobat di adobe.com.
  • Pilih menu "PDF & E-signatures" pada bagian atas.
  • Lanjutkan dengan pilih menu "Online Tools".
  • Pilih opsi untuk "Compress PDF" dengan cara klik "Try Now".
  • Klik "Select a File".
  • Pada opsi set compression level, pilih jenis kompresi sesuai dengan kebutuhan. Ada tiga pilihan medium compression, high compression, dan low compression.
  • Lanjutkan dengan klik "Compress".
  • Tunggu sampai compressing selesai dan klik "Download" untuk mengunduh file PDF tersebut.