Ketika ingin melakukan penelitian, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu pendekatan yang akan digunakan agar penelitian berjalan lebih muda dijalankan.

Bagi peneliti, tentunya pendekatan penelitian sudah bukan hal yang asing lagi. Namun bagi Anda yang baru melakukan penelitian, Anda pastinya tidak terlalu familiar dengan hal ini.

Oleh karena itu, simak pembahasannya di bawah termasuk jenis pendekatan penelitian untuk membantu untuk Anda menentukan pendekatan yang tepat. 

Pengertian Pendekatan Penelitian

Dikutip dari Sampoerna University, pendekatan penelitian adalah suatu cara berpikir yang akan digunakan oleh peneliti untuk melakukan penelitian atau riset. Cara berpikir ini telah ditentukan dari awal penelitian. Pasalnya, pendekatan yang berbeda akan berbeda pula proses penelitiannya.

Berdasarkan metodenya, pendekatan penelitian dibagi menjadi tiga jenis, yaitu kualitatif, kuantitatif, serat campuran atau mixed-method

Menurut Ahli

Untuk meningkatkan pemahaman Anda, simak pengertian pendekatan penelitian menurut para ahli berikut ini:

  • Menurut Deidre D. Johnston dan Scott W.Vanderstoep, pendekatan penelitian adalah suatu rencana dan desain suatu penelitian yang diawali dari setiap tahap hipotesis hingga diakhiri kesimpulan
  • Menurut Sukandarrumidi, pendekatan  penelitian adalah cara utama yang dipilih untuk mendapatkan jawaban atas segala permasalahan yang diajukan
  • Menurut Hamid Darmadi, pendekatan penelitian merupakan metode atau cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan kegunaan tertentu. 
  • Menurut Nazir, pendekatan  penelitian adalah suatu metodologi penelitian ilmiah yang dilakukan untuk mencari kebenaran sesuai dengan pertimbangan logis
  • Menurut Arikunto, pendekatan penelitian adalah cara utama yang digunakan  peneliti untuk mencapai tujuan dan menentukan jawaban atau masalah yang diajukan.

Jenis Pendekatan Penelitian

Jenis pendekatan penelitian dibagi menjadi tiga metode yang biasanya digunakan untuk menyusun kata tulisan ilmiah seperti skripsi, tesis, hingga disertasi. Simak pembahasan ketiga metode di bawah ini.

1. Pendekatan Penelitian Kualitatif

Pendekatan  penelitian ini umumnya dilakukan untuk memahami secara mendalam suatu fenomena yang terjadi untuk diteliti kebenarannya,

Metode ini biasanya dilakukan menggunakan teknik  analisis mendalam yaitu mengkaji masalah secara kasus per kasus karena metode ini meyakini bahwa sifat suatu masalah satu akan berbeda dengan sifat dari masalah lainnya. 

Metode ini memiliki tujuan untuk memahami secara mendalam suatu masalah agar dapat memberikan saran-saran yang sesuai dengan hasil dari penelitian. Penelitian kualitatif juga terbagi menjadi lima jenis yaitu:

Phenomenological Research

Phenomenological research merupakan salah satu jenis penelitian kualitatif dimana peneliti melakukan pengumpulan data dengan observasi partisipan untuk mengetahui fenomena esensial partisipan dalam pengalam hidupnya.

Grounded Theory

Grounded theory merupakan salah satu jenis penelitian kualitatif yang dilakukan dengan cara mengamati tindakan atau interaksi dari objek yang diteliti untuk nantinya digeneralisir. 

Ethnography

Ethnography merupakan salah satu jenis penelitian kualitatif dimana peneliti melakukan wawancara atau observasi untuk memahami budaya suatu kelompok.

Halaman: