Memahami Beragam Jenis Metode Penelitian dan Pembagiannya

Destiara Anggita Putri
12 Desember 2022, 13:45
Jenis Metode Penelitian
Unsplash

Sebuah penelitian pada umumnya membutuhkan proses yang lama serta data akurat agar hasil penelitian menjadi valid. Namun sebelum melakukan penelitian, Anda perlu menentukan metode penelitian yang tepat.

Metode penelitian sendiri memiliki banyak variasi dan memiliki pengaruh yang besar terhadap hasil penelitian. Simak pembahasan lebih lanjut mengenai jenis metode penelitian berikut ini. 

Pengertian Metode Penelitian

Sebelum mengetahui jenis-jenisnya, Anda perlu memahami pengertian dari metode penelitian. Pada dasarnya, metode penelitian adalah cara ilmiah yang dilakukan demi mendapatkan data yang valid. Nantinya data ini akan dianalisis untuk bisa menemukan solusi dari permasalahan yang sedang diteliti.

Perlu Anda ketahui jika dalam melakukan penelitian, ada ciri-ciri keilmuan yang harus dijadikan pedoman yaitu rasional, sistematis, dan empiris. Rasional berarti penelitian yang dilakukan harus masuk akal. 

Sistematis berarti penelitian dilakukan dengan langkah langkah yang bersifat logis. Sementara itu, empiris berarti cara atau langkah yang dilakukan dalam penelitian bisa diamati oleh indera manusia. 

Jenis Metode Penelitian

Metode penelitian dibagi berdasarkan berbagai hal. Pada artikel ini, akan dijelaskan jenis metode pembahasan secara umum dan berdasarkan sifat masalahnya. Simak pembahasannya lebih lanjut di bawah ini.

1. Secara Umum

Secara umum, metode penelitian dibagi menjadi tiga jenis yaitu metode penelitian kualitatif metode penelitian kuantitatif, dan metode penelitian campuran. Simak pembahasan masing-masing jenis di bawah ini.

  • Metode Penelitian Kualitatif

Jenis metode penelitian ini cukup sering digunakan dan biasanya dilakukan untuk memberikan penjelasan mengenai suatu fenomena. Nantinya, para peneliti akan mengkonstruksi suatu teori yang berkaitan dengan fenomena tersebut. 

Penelitian ini kebanyakan memanfaatkan data deskriptif dalam bentuk kata kata, tulisan, maupun lisan dari orang atau pelaku yang telah diamati kemudian ditafsirkan. 

Salah satu contoh dari metode penelitian kualitatif seperti, Analisis Nilai-Nilai yang Terdapat di Novel Laskar Pelangi dan Kelayakannya Sebagai Media Pembelajaran Sastra di SMA 2 Semarang.

  • Metode Penelitian Kuantitatif

Menurut Robert Donmoyer (dalam Nurjanah: 2014).  penelitian kualitatif adalah pendekatan-pendekatan terhadap kajian empiris untuk mengumpulkan, menganalisis, dan penampilan data dalam bentuk numerik (angka) daripada naratif. 

Penelitian ini sering digunakan oleh banyak akademisi untuk memperoleh hasil penelitian yang akurat karena mengandalkan perhitungan.

Contoh dari metode penelitian ini seperti, Pengaruh Pemberian Jaminan Sosial Terhadap Kesejahteraan Kehidupan Karyawan dalam Lingkungan Kerja.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...