6 Pengertian Latar Belakang Proposal Penelitian untuk Panduan

Anggi Mardiana
12 Desember 2022, 14:09
Pengertian latar belakang proposal penelitian, skripsi, proposal penelitian.
Unsplash
Ilustrasi tentang pengertian latar belakang proposal penelitian, skripsi.

Memahami pengertian latar belakang proposal penelitian penting bagi seorang peneliti. Dengan memahami artinya, Anda tidak akan salah lagi terkait hal apa saja yang harus ada di dalam latar belakang proposal penelitian.

Latar belakang proposal penelitian bisa diartikan sebagai titik tolak yang berguna untuk memberikan pemahaman bagi pembaca maupun pendengar tentang apa yang ingin disampaikan. Membuat latar belakang yang bagus perlu disusun secara jelas dan disertai data maupun fakta pendukung.

Menurut Para Ahli

Ada banyak pengertian latar belakang proposal penelitian dari berbagai ahli, berikut pengertiannya melansir Penaindo.com:

1. Sudaryono (2017:102)

Menurut Surdayono (2017:102), latar belakang masalah menjelaskan tentang masalah yang diteliti. Bisa dilihat dari profesi peneliti, pengembangan ilmu dan kepentingan pembangunan. Baik dalam latar belakang proposal penelitian skripsi, disertasi maupun karya ilmiah lainnya.

2. Berndtsson 2008

Berndtsson 2008 menjelaskan latar belakang masalah jadi bagian pertama yang penting dalam penyusunan karya ilmiah. Baik dalam bentuk paper atau tesis yang menjelaskan secara lengkap topik penelitian, masalah penelitian dan alasan melakukan penelitian.

3. Husnaini Usman dan Purnomo

Pengertian latar belakang proposal penelitian menurut Husnaini Usman dan Purnomo yaitu hal-hal yang melatarbelakangi mengapa peneliti memilih judul penelitian tersebut. Dalam hal ini, peneliti seolah sedang mengamati situasi lingkungan tempat kejadian perkara.

4. Dermanan Wibisono (2004:304)

Darmawan Wibisono (2004:304) mengungkapkan latar belakang berisi tentang mengapa penelitian dilakukan dan apa yang ingin dicapai atau diketahui dari pelaksanaan penelitian. Bisa berupa fakta atau data yang mendukung dan harus dicantumkan.

5. Ade Suyitno

Ade Suyitno menjelaskan latar belakang masalah sebagai informasi yang tersusun secara sistematis berkenaan dengan fenomena dan masalah problematik yang menarik untuk diteliti. Secara umum, pengertian latar belakang memang hampir sama yaitu menjelaskan masalah dan alasan meneliti dengan didukung data maupun fakta.

6. Wiratha

Selain kelima ahli sebelumnya, Wiratha menerangkan pengertian latar belakang proposal penelitian sebagai informasi yang tersusun sistematis berkenaan dengan fenomena dan masalah problematik yang menarik untuk diteliti. Masalah bisa terjadi ketika harapan ideal akan sesuatu hal tidak sama dengan kenyataan yang terjadi.

Hal Utama Membuat Latar Belakang Proposal

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika membuat latar belakang proposal penelitian. Berikut  kriteria dan penjelasannya, melansir dari laman Bprsku.co.id:

1. Keadaan Ideal

Keadaan ideal mencakup keadaan yang telah dicita-citakan atau diharapkan terjadi. Keadaan ideal bisa dihadirkan dalam bentuk visi dan misi.

2. Keadaan Aktual

Keadaan aktual merupakan kondisi yang terjadi sekarang. Biasanya menceritakan perbedaan situasi dengan kondisi sekarang bersama dengan keadaan yang dicita-citakan terjadi.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement