Mengenal Frasa Nomina, Verba, dan Adjektiva Beserta Contohnya

Pexels/Lisa
Ilustrasi, seseorang membaca cerpen.
Editor: Agung
15/9/2022, 17.37 WIB

Frasa merupakan kelompok kata yang bertindak sebagai unsur kalimat. Ciri-ciri frasa terdiri dari dua kata atau lebih yang memiliki satu makna gramatikal. Sifat frasa adalah non predikatif atau tidak berhubungan dengan predikat.

Frasa memiliki fungsi gramatikal yang dibedakan berdasarkan kategori kata. Dalam buku Pintar Pidato: Kiat Menjadi Orator Hebat, dalam tata bahasa transformasional, frasa adalah seperangkat unsur sintaktik yang membentuk konstituen.

Bussmann menjelaskan dalam tata bahasa, jenis frasa yang penting dikenal yaitu frasa nomina, verba, dan frasa preposisi. Umumnya frasa dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan kategori kata. sebagai penyusun utama. Berikut penjelasan mengenai frasa nomina, verba, dan adjektiva yaitu jenis frasa berdasarkan kategori kata.

Jenis Frasa Berdasarkan Kategori Kata

1. Frasa Nomina

Frasa nomina adalah jenis frasa yang dibentuk dari penggabungan kata benda. Frasa nomina ini dipakai untuk menggantikan kata benda. Contoh frasa nomina yaitu ranting pohon, kancing baju, dan gagang pintu. Terdapat 3 jenis frasa nomina yaitu nomina modifikatif, nomina koordinatif, dan apositif.

Contoh Frasa Nomina

  • Frasa nomina modifikatif = bulan kedua, gadis mungil.
  • Frasa nomina koordinatif (kedua kata tidak menerangkan)= langit bumi, dunia akhirat
  • Frasa nomina apositif (jenis frasa nomina untuk menambah keterangan subjek) = Jakarta, kota terbesar di Indonesia, terletak di Jawa

2. Frasa Verba

Frasa Verba adalah jenis frasa yang menggabungkan kata kerja. Selain itu frasa verbal dapat menggantikan kata kerja dalam suatu kalimat. Contoh frasa verba yaitu menjemur pakaian, menghitung uang, dan memasak sayur. Terdapat 3 jenis kata verba yaitu frasa verba modifikatif, verba koordinatif, dan verba apositif.

Contoh Frasa Verba

  • Frasa verba modifikatif: Anita pasti belajar di kamar
  • Frasa verba koordinatif: Ibu pergi ke pasar atau swalayan
  • Frasa verba apositif dipakai untuk menambah keterangan subjek. Contohnya yaitu Reni sedang belajar, tidak menoleh saat dipanggil ibunya.

3. Frasa Adjektiva

Frasa adjektiva adalah frasa yang menggabungkan kata sifat dan kata keterangan. Ciri frasa adjektiva menggunakan kata sangat, agak, paling, harus. Contoh frasa adjektiva yaitu besar sekali, cerdas sekali, paling pintar.

Ada 3 jenis frasa adjektiva yaitu frasa adjektiva modifikatif, adjektiva koordinatif, dan frasa adjektiva apositif. Contohnya frasa antara lain:

  • Frasa adjektiva modifikatif (membatasi): paling kecil, sangat besar
  • Frasa adjektiva koordinatif (menggabungkan): aman sentosa, kaya raya
  • Frasa adjektiva apositif: bunga desa