Contoh surat keterangan pengalaman kerja bisa menjadi informasi yang sangat berguna, terutama bagi seseorang yang ingin melamar kerja. Ini karena persaingan pencarian kerja kian sengit.
Beragam desain curriculum vitae (CV) untuk menarik perhatian pencari tenaga kerja bertebaran. Namun, penilaian untuk masuk kerja tidak hanya menilai dari desain CV saja. Melainkan, melihat kemampuan dan pengalaman calon pekerjanya.
Dokumen pengalaman kerja menunjukkan bagaimana pengalaman orang tersebut ketika bekerja di suatu perusahaan seperti kemampuan, etos kerja, pola pikir dan sebagainya. Oleh karena itu, surat pengalaman kerja dibutuhkan untuk kelengkapan melamar kerja nanti.
Format Pembuatan Surat Pengalaman Kerja
Sebelum membuat surat pengalaman kerja, Anda harus mengetahui formatnya. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apa saja informasi yang perlu dicantumkan dalam dokumen tersebut.
Mengutip ekrut.co.id, secara umum, surat pengalaman kerja memiliki tiga komponen, yakni sebagai berikut:
1. Bagian Kepala Surat
Kepala surat merupakan bagian utama dalam pembuatan surat pengalaman kerja. Pada bagian ini, berisi informasi perusahaan atau organisasi tempat Anda bekerja, seperti nama perusahaan, logo, nomer telepon, alamat surel, dan alamat kantor.
2. Bagian Isi Surat
Ada beberapa informasi yang wajib ada pada bagian isi atau badan surat. Informasi tersebut yaitu nomor dan judul surat, identitas pembuat surat, identitas karyawan pemohon surat, dan pengalaman serta kemampuan kerja karyawan tersebut.
3. Bagian Penutup Surat
Pada bagian ini, terdapat nama pihak yang bertanggung jawab atas penerbitan surat tersebut. Biasanya yang bertanggung jawab atas surat ini adalah pemimpin bagian HRD atau manajer karyawan tersebut. Selain itu, disertakan tanda tangan dan stempel.
Contoh Surat Keterangan Pengalaman Kerja
Setiap perusahaan biasanya memiliki format surat masing-masing. Umumnya, format tersebut memiliki informasi yang hampir sama seperti data penulis surat, orang yang dibuatkan surat, dan keterangan selama bekerja.
Berikut 4 contoh surat keterangan pengalaman kerja yang dilansir dari ekrut.co.id:
1. Surat Pengalaman Kerja Umum
PT ABC321
Jln. Pangeran Diponegoro No. 52, Magelang
Telepon: (021) 567890
SURAT KETERANGAN PENGALAMAN KERJA
Nomor: SKPK-01-/ABC123/2022
Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama : Sumira
Jabatan: Kepala Bagian HRD
Alamat : Jln. Pangeran Diponegoro No. 52
Menerangkan dengan sebenarnya bahwa:
Nama : Hani Maryani
Jabatan : Staff Purchasing
NIK : 351678987654343
Telah bekerja untuk PT ABC321 dimulai tanggal 16 Maret 2020 hingga 15 Oktober 2022 dengan jabatan terakhir sebagai Staff Purchasing.
Selama bekerja menjadi karyawan kami, Saudari Hani Maryani telah menunjukkan kemampuan terhadap pekerjaan dan berhasil mencapai target yang telah ditentukan.
Demikian surat ini dibuat dengan sebenarnya agar dapat digunakan dengan semestinya.
Magelang, 15 Oktober 2022
Kepala Bagian HRD PT ABC321
Sumira
2. Surat Pengalaman Kerja Bahasa Inggris
PT ABC321
Pangeran Diponegoro St. 52, Magelang
Phone: (021) 567890
Work Experience Letter
Number: SKPK-01-/ABC123/2022
Date of issuance: 2022, 10 October
To Whom It May Concern,
This letter certifies that Hani Maryani was an employee in the role of purchasing staff with PT ABC321 during the period beginning 16 March 2020 and ending 15 October 2022.
During this time with PT ABC321, Miss Hani Maryani has remained dedicated to her work and responsibility. She has done an excellent job on every project we’ve given to her. Miss Hani Maryani has always maintained a professional and courteous attitude with our company.
Her decision to end her employment is solely her own decision, we wish her all the best in her future endeavor. Please contact us for any additional information
Sincerely,
Head of HR Departement PT ABC321
Sumira
3. Surat Pengalaman Kerja Manajer
PT ABC321
Jln. Pangeran Diponegoro No. 52, Magelang
Telepon: (021) 567890
SURAT KETERANGAN PENGALAMAN KERJA
Nomor: SKPK-01-/ABC123/2022
Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama : Sumira
Jabatan: Kepala Bagian HRD
Alamat : Jln. Pangeran Diponegoro No. 52
Menerangkan dengan sebenarnya bahwa:
Nama : Hani Maryani
Jabatan : Manajer Purchasing
NIK : 351678987654343
Telah bekerja untuk PT ABC321 dimulai tanggal 16 Maret 2020 hingga 15 Oktober 2022 dengan jabatan terakhir sebagai Manajer Purchasing.
Selama bekerja menjadi karyawan kami, Saudari Hani Maryani telah menunjukkan kemampuan terhadap pekerjaan dan memenuhi semua tanggung jawab yang diberikan. Hani Maryani selalu menjaga profesionalitasnya selama bekerja dan memimpin tim dengan baik.
Demikian surat ini dibuat dengan sebenarnya agar dapat digunakan dengan semestinya.
Magelang, 15 Oktober 2022
Kepala Bagian HRD PT ABC321
Sumira
4. Surat Pengalaman Kerja Guru
SMA ABC123
Jln. Pangeran Diponegoro No. 34, Magelang
Telepon: (021) 123987
SURAT KETERANGAN PENGALAMAN KERJA
Nomor : SKPK-01/ABC123/2022
Yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama: Sumira, S.Pd.
Jabatan: Kepala Sekolah SMA ABC321
Dengan ini menyatakan :
Nama : Hani Maryani, S.Pd.
Jabatan : Guru IPS
NIK : 35167898765432
Adalah benar guru yang mengajar di SMA ABC321 sejak tanggal 08 Maret 2020 hingga 09 September 2022 dengan jabatan sebagai guru IPS.
Dalam kurun waktu tersebut, saudari Hani Maryani menjalankan tugasnya sebagai guru di SMA ABC321 dengan baik dan penuh tanggung jawab.
Demikian surat ini dibuat dengan sebenarnya agar dapat digunakan dengan semestinya.
Magelang, 09 September 2022
Kepala Sekolah SMA ABC321
Sumira
Empat contoh surat keterangan pengalaman yang telah dijabarkan, bisa menjadi referensi bagi dalam pembuatan surat ketika ingin melamar kerja. Surat tersebut masih bisa disesuaikan kembali sesuai kebutuhan tanpa menghilangkan informasi penting yang ada dalam pembuatan surat.