Cara Memisahkan Tabel di Word Beserta Alternatif Cara Lainnya

Freepik
Ilustrasi, mengetik dokumen.
Editor: Agung
17/11/2022, 12.04 WIB

Microsoft Word merupakan software yang merupakan bagian dari Microsoft Office dan sering digunakan untuk membuat berbagai macam. Dalam membuat tulisan, terkadang Anda perlu membuat tabel sebagai daftar atau list.

Untuk membuatnya, Anda bisa menggunakan fitur tabel yang telah tersedia di Microsoft Word. Fitur tabel sendiri pun juga cukup beragam. Salah satunya adalah memisahkan tabel sesuai keinginan menggunakan fitur Split. Fitur ini memang berfungsi untuk memisahkan antara tabel  atas dan bawah.

Misalnya Anda ingin memisahkan tabel 8 baris menjadi format 4 baris 4 baris. Dengan menggunakan fitur Split, maka Anda tidak perlu repot-repot membuatnya dari awal karena bisa dipisahkan secara otomatis. 

Bila Anda ingin mengetahui bagaimana cara mengunakan fitur ini, ada beberapa hal yang perlu diketahui terlebih dahulu. Simak penjelasan berikut ini.

Cara Membuat Tabel di Word

Anda perlu mengetahui terlebih dahulu cara membuat tabel yang benar sebelum memisahkannya. Anda bisa melakukannya dengan mudah melalui menu tab Insert. Anda cukup mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini

  • Buka Microsoft Word
  • Klik menu tab Insert
  • Lalu pilih Table
  • Akan ada beberapa pilihan mulai dari Insert Table, Draw Table, Convert Text to Table, Excel Spreadsheet, dan Quick Table.
  • Pilih opsi Insert Table dan masukkan jumlah kolom dan baris sesuai kebutuhan. Atau dapat menggerakkan kursor dan menyorot jumlah kolom dan baris pada menu Table Size

Jika Anda memiliki pesan teks yang akan dibuat tabel, Anda juga bisa mengkonversinya menjadi tabel dengan cepat. Caranya adalah pilih Insert lalu pilih Tabel kemudian pilih Konversi Teks ke Tabel.

Cara Merapikan Tabel di Word

Ketika membuat tabel di Word, terkadang hasilnya tidak dapat langsung rapi dan teratur. sehingga Anda perlu merapikannya. Berikut cara merapikan tabel di Word yang berantakan.

  • Klik kanan pada mouse di tabel yang sudah Anda buat
  • Pada bagian Context Menu, pilih opsi Table Properties
  • Kemudian untuk merapikan isi tabel Anda bisa memilih tata letak Left, Center, atau Right. Sesuaikan posisi agar tampilan terlihat rapi dan estetis

Bila Anda ingin memindahkan tabel dari satu kesatuan dengan teks pada lembar kerja dalam Table Properties, Anda bisa memilih Move with Text dan Allow Overlap yang berada di bagian bawah. Pastikan Anda mematikan centang pada kotak agar Anda bisa bebas memindahkan tabel.

Cara Memisahkan Tabel di Word

Setelah mengetahui cara membuat serta merapikan tabel, Anda bisa memisahkan nya jika dibutuhkan menggunakan fitur Split. Caranya pun mudah dilakukan. Anda hanya perlu mengikuti langkah langkah di bawah ini. 

  • Buka Office Word.
  • Buat tabel di dokumen Word terlebih dahulu dengan cara yang telah dijelaskan di atas..
  • Kemudian blok salah satu tabel pemisah antara tabel atas dengan tabel bawah.
  • Masuk ke menu Layout.
  • Klik tombol Split Table
  • Setelah itu, tabel tersebut secara otomatis akan terpisah.
  • Jika ingin memisahkan tabel yang lainnya, Anda hanya perlu mengulangi cara diatas. Selesai.

Cara Menambah dan Menghapus Tabel di Word

Dalam pembuatan tabel, Anda juga bisa melakukan modifikasi lain seperti menambah dan menghapus tabel. Hal ini berguna jika jumlah kolom atau baris tidak sesuai dengan kebutuhan Anda sehingga jumlah tabel perlu ditambah atau dikurangi.

Bila Anda tidak tahu bagaimana caranya, simak langkah-langkahnya di bawah ini.

  • Klik kanan pada bagian tabel
  • Pilih opsi Delete untuk menghapus kolom
  • Pilih Insert untuk menambah kolom dan baris tabel.

Cara Menggabungkan Tabel di Word

Modifikasi lain yang bisa Anda lakukan adalah menggabungkan tabel. Ada dua cara  dipilih sesuai kebutuhan. Simak penjelasan masing-masing cara di bawah ini.

1. Menggunakan Tools

Cara pertama adalah menggunakan tools yang bisa diterapkan pada Microsoft Word tahun berapapun. Berikut ini tutorialnya. 

  • Siapakan tabel terlebih lalu, blok sel kolom dan sel baris yang akan digabungkan
  • Selanjutnya pilih Table Tools  dan klik pada Layout
  • Setelah itu, gabungkan Sel dan kolom dengan Merge Cells, dengan begitu sel yang sudah dipilih akan menyatu
  • Namun jika ada kesalahan,  Anda bisa memisahkan dengan klik Split Cell pada bagian bawah perintah Merge Cells

2. Menggunakan Merge Table

Cara terakhir adalah memanfaatkan Merge Table untuk menggabungkan tabel yang terpisah. Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda ikuti. 

  • Pilih Tabel 2 dengan mengklik tanda panah empat arah di kiri atas tabel.
  • Tekan tombol CTRL + X pada keyboard untuk cut atau memotong tabel tersebut.
  • Klik kanan di awal baris pas di bawah Tabel 1 untuk menampilkan menu.
  • Di bagian Paste Options, pilih:

Keep Original Table Formatting, bila ingin mempertahankan format pada tabel.

Merge Table, bila hanya ingin menyatukan tabel. Seandainya ada format warna, maka akan menjadi hitam putih.

Demikian informasi cara memisahkan tabel di Word beserta alternatif lain yang bisa Anda coba. Dengan memisahkan tabel, Anda bisa lebih menghemat waktu karena tidak perlu membuat tabel baru lagi dari awal.