Microsoft Word, atau yang kerap disebut sebagai MS Word, merupakan software populer yan sering digunakan untuk membuat atau menyunting berbagai dokumen. Untuk mempermudah pengguna, software ini juga menyediakan berbagai fitur yang bisa digunakan sesuai kebutuhan.
Bahkan pengguna juga bisa mengatur MS Word agar bisa digunakan untuk mengetik dengan suara. Tentunya hal ini akan membuat pekerjaan lebih efektif dan efisien. Jika Anda tertarik menggunakan fitur ini, simak penjelasannya lebih lanjut di bawah ini.
Cara Mengetik dengan Suara di MS Word
Jika Anda ingin mengetik suara di MS Word, ada tiga cara yang bisa Anda lakukan yaitu lewat fitur speech recognition, pintasan keyboard Win + H, dan fitur voice typing. Simak penjelasannya lebih lengkap di bawah ini.
1. Menggunakan Fitur Speech Recognition
Cara pertama ini mudah dilakukan karena Anda hanya perlu mengaktifkan fitur Speech Recognition di PC/Laptop. Untuk lebih jelasnya, ikuti tutorialnya di bawah ini.
- Buka Control Panel di PC lalu ubah tampilan dengan klik bagian View by menjadi Large Icons.
- Klik opsi Speech Recognition yang ikonnya berupa mikrofon.
- Pilih menu Start Speech Recognition. Setelah itu, ikuti semua langkah-langkahnya dengan memiliki opsi Next.
- Selanjutnya, akan ada pesan tentang What type of microphone, pilihlah Headset Microphone lalu klik Next.
- Mulailah berbicara dengan keras di depan mikrofon hingga tombol Next bisa diklik. Hal ini dilakukan agar suara dapat terdeteksi di PC.
- Klik Enable document review.
- Pilih Use manual activation mode lalu klik Next.
- Pilih tombol Next, lalu centang Run Speech Recognition at startup dan pilih Next lagi.
- Setelah itu, pada dictation bar akan muncul ikon mikrofon, maka Anda dapat menggunakannya untuk mengetik dengan suara di Microsoft Word.
2. Menggunakan Pintasan Keyboard Win + H
Cara berikutnya adalah menggunakan pintasan keyboard Win + H. Berikut ini tutorialnya.
- Pastikan mikrofon di PC sudah aktif. Apabila belum aktif bisa membuka settings lalu pilih menu.
- Selanjutnya, pilih Sound lalu pilih mikrofon yang digunakan di bagian Choose your input device.
- Ubah bahasa keyboard menggunakan bahasa inggris bila Anda menggunakan Windows 10 yang hanya mendukung bahasa Inggris. Buka keyboard layout pada kanan taskbar lalu pilih English (US).
- Langkah selanjutnya, buka setting lalu klik menu Time & Language.
- Setelah itu, pilih menu Speech lalu pilih Speech Privacy settings.
- Aktifkan speech recognition, maka fitur voice typing sudah dapat digunakan.
- Buka Microsoft Word lalu tekan tombol Win+W, maka akan muncul Dictation bar.
- Mulai berbicara di mikrofon agar suara dapat diubah menjadi tulisan Microsoft Word.
3. Menggunakan Fitur Voice Typing di Google Dokumen
Cara terkair yang bisa Anda lakukan untuk mengetik dengan suara adalah menggunakan fitur voice typing di Google Dokumen. Sebelum melakukan cara in, pastikan PC/Laptop Anda telah terhubung ke koneksi internet dan mikrofon berfungsi dengan baik.
Berikut ini langkah-langkah dan bisa Anda ikuti.
- Buka browser pada PC/Laptop lalu ketik di kolom pencarian Google Dokumen.
- Setelah itu, masuk ke Google Dokumen dengan memasukkan alamat Gmail dan password pengguna.
- Pilih satu template pada halaman Google Dokumen. Anda sebaiknya tidak memilih template Blank karena fitur Voice Typing tidak dapat berfungsi pada template tersebut.
- Hapus seluruh teks yang ada pada template yang pengguna pilih.
- Buka menu Alat lalu pilih Voice Typing.
- Selanjutnya, akan muncul fitur dengan ikon mikrofon yang terpisah dari halaman.
- Klik ikon tersebut guna memulai mengetik dengan suara.
Cara Mengetik Dengan Suara di Google Docs
Selain menggunakan Microsoft Word, banyak pengguna juga menggunakan Google Docs untuk membuat atau menyunting dokumen. Aplikasi ini cukup mudah digunakan dan bisa diakses lewat PC/Laptop maupun HP.
Sama seperti Microsoft Word, Anda juga bisa mengatur aplikasi ini sehingga bisa digunakan untuk mengetik dengan suara. Dengan demikian, Anda hanya perlu mengucapkan kata yang akan diketik dan otomatis perangkat yang digunakan akan mengetikkan kata tersebut.
Berikut penjelasan cara mengetik dengan suara di Google Docs berdasarkan perangkat yang digunakan di bawah ini.
1. Lewat PC/Laptop
Banyak pengguna mengakses Google Docs lewat PC/Laptop. Jika Anda ingin menggunakan perangkat ini agar bisa mengetik dengan suara, ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.
- Buka Google Docs pada URL https://docs.google.com/.
- Login akun Google.
- Buat dokumen baru atau buka dokumen yang pernah dibuat.
- Klik menu Tools dan pilih Voice Typing. Atau gunakan shortcut Ctrl + Shift + S.
- Klik tombol bahasa di atas ikon mikrofon. Pilih bahasa yang diinginkan.
- Klik area dokumen, lalu klik ikon mikrofon.
- Klik Allow jika muncul pop-up perizinan Use your microphone.
- Mulailah mengetik dengan suara apabila mikrofon berwarna merah.
- Pastikan untuk melafalkan setiap kata dengan jelas agar tidak ada kesalahan pengetikan pada dokumen.
Dengan cara ini, Anda juga bisa mengucapkan tanda baca kata yang ingin diketik misalnya titik atau koma di akhir kalimat. Namun, jika ingin mengetik beberapa perintah seperti Enter, Heading, dan lain-lain, Anda harus melakukanya secara manual menggunakan keyboard atau touchpad. Setelah selesai mengetik menggunakan suara, klik kembali ikon mikrofon yang berwarna merah untuk menonaktifkannya.
2. Lewat HP
Banyak pengguna juga menggunakan Google Docs lewat HP karena lebih praktis dan bisa diakses kapan saja. Bila Anda ingin mengetik dengan lewat perangkat ini, pastikan HP Anda telah menggunakan Google Keyboard. Setelah itu, ikuti caranya di bawah ini
- Buka Google Docs.
- Tap pada area input teks.
- Sentuh lama ikon mikrofon.
- Mulailah berbicara saat melihat teks Ucapkan sekarang.